Menikmati Warna-Warni di Pantai Kolbano

By willa widiana, Selasa, 9 Mei 2017 | 22:15 WIB
Batu warna-warni di Pantai Kolbano (willa widiana)

Berkunjung ke Kota Kupang, tak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi Pantai Kolbano dan menikmati keunikan batu warna-warni yang ribuan jumlahnya. Ya, pantai ini memiliki keunikan yang tak tertandingi.

Batu warna-warni

Kebanyakan pantai hanya memiliki hamparan pasir berwarna putih, hitam, atau gabungan keduanya. Tetapi, pantai ini memiliki hamparan batu warna-warni. Unik, kan? Pantai Kolbano terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor tengah Selatan.

Sewa penginapan

Untuk mencapai ke Pantai Kolbano membutuhkan waktu sekitar tiga jam dari Kota Kupang, Ibu kota Provinsi NTT. Namun, jangan khawatir karena rasa lelah itu akan terbayarkan ketika sampai di pantai tersebut. Setelah sampai di lokasi, kamu bisa mencari rumah penginapan di rumah penduduk dengan sistem sewa atau menginap di Mess Pemda Timor Tengah Selatan.

Tugu bersejarah

Tak hanya keunikan kerikil warna-warni saja, di salah satu bagian pantai akan ditemukan sebuah tugu bersejarah. Tujuan dibangun tugu ini untuk memeringati peristiwa Perang Kolbano antara masyarakat setempat melawan penjajah Belanda pada 1907.

Daya tarik lain Pantai Kolbano adalah batu karang raksasa yang berdiri tegak berbentuk kepala singa. Masyarakat menyebutnya dengan Fatu Un. Pengunjung pun dapat berdiri di atas batu ini sambil melihat matahari terbit dan tenggelam.

Selain itu, Pantai Kolbano juga dikenal dengan penghasil ikan di Timor Tengah Selatan. Di saat pasokan ikan di Kupang menurun, biasanya ikan di Pantai Kolbano yang diandalkan untuk memenuhi kebutuhan ikan di SoE (Ibu Kota Kabupaten Timor Tengah Selatan).

Teks: Desy