Tiga Satwa Ini Menjadi Maskot Indonesia

By Putri Puspita, Rabu, 10 Mei 2017 | 02:44 WIB
Komodo. Foto: http://kids.nationalgeographic.com (Putri Puspita)

Selain bunga nasional, Indonesia juga memiliki 3 satwa (fauna) nasional yang menjadi maskot bangsa Indonesia. Bertepatan dengan hari Tritura ke-27 tanggal 10 Januari 1993 ditetapkan tiga satwa nasional oleh Presiden Republik Indonesia saat itu. Satwa apa sajakah itu?

1. Komodo, satwa nasional

Satwa nasional Indonesia adalah komodo atau Varanus komodoensis. Komodo atau ora merupakan satwa darat yang sudah sangat populer di Indonesia, bahkan di mancanegara. Satwa ini hanya hidup di Indonesia, sehingga seringkali komodo diidentikkan dengan Indonesia. Bahkan, populasinya di Indonesia pun juga terbatas di Pulau Komodo saja.

2. Siluk merah, satwa pesona

Ikan siluk merah atau arwana menjadi satwa pesona sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, terutama di kalangan pencinta ikan hias. Sebagai ikan hias, ikan siluk merah mempunyai keistimewaan karena geraknya yang indah mempesona. Selain itu sisiknya yang besar dan mengkilat merupakan daya pikat lain dari ikan hias ini. 

3. Elang jawa, satwa langka

Elang jawa (Spazaetus bartelsi) merupakan satwa langka yang berukuran besar. Burung elang jawa merupakan salah satu spesies dari banyak spesies elang di Indonesia. Fauna ini pertama kali diteliti oleh ilmuwan bernama Hans Bartels.