Roti Isi Khas Negeri Sombrero

By Marisa Febrilian, Rabu, 10 Mei 2017 | 10:52 WIB
Taco. Roti Khas ini dapat diisi degan berbagai isian, seperti ikan, ayam, atau daging. (Marisa Febrilian)

Siapa yang tahu negeri Sombrero? Yap! Sombrero itu sebutan untuk Meksiko. Sombrero itu sejenis topi khas di Meksiko. Bukan hanya topinya saja yang khas di Meksiko, tetapi makanan di sana juga unik, lo. Ini dia salah satunya.

Taco roti isi

Namanya adalah Tacos. Ada juga yang menyebutnya Taco. Di Meksiko, Taco adalah makanan yang murah meriah dan terkenal sebagai jajanan pinggir jalan.

Bentuknya, mirip seperti telur dadar tapi diberi isian yang beraneka macam. Isi Taco itu ada daging, ayam, makanan laut (seafood), kacang-kacangan, keju, telur, selada, potongan tomat, bawang bombai, dan saus guacamole (saus alpukat).

Isian Taco kemudian dibungkus dengan kulit berbentuk bundar, namanya tortila. Tortila terbuat dari gilingan jagung atau gandum. Konon, tortila dibawa oleh orang-orang Eropa yang masuk ke benua Amerika. Kata ‘tortila’ sendiri berasal dari bahasa Spanyol.

Dalam bahasa Spanyol, tortila berasal dari kata ‘torta’ yang artinya adalah kue bundar.

Sudah Lama Ditemukan

Tidak diketahui secara pasti siapa penemu Taco sesungguhnya. Tapi, Taco sudah ada sejak tahun 1520. Waktu itu tentara dan pengelana dari Spanyol, Hernan Cortez membuat pesta Taco di Meksiko. Baru pada abad ke-18, Taco semakin terkenal di Meksiko.

Pada abad ke-20, Taco sudah menyebar di benua Amerika. Jenis Taco juga ada banyak, seperti Taco Carne Asada, Taco Sudados, Taco De Cabeza, Taco Darados, Taco Carnitas, dan Taco Al Pastor. Sejak tahun 1905, Taco semakin terkenal di benua Amerika. Banyak toko makanan yang menjual Taco.

O iya, setiap tanggal 4 Oktober, diperingati sebagai Hari Nasional Taco atau National Taco Day. Di Meksiko, Taco biasanya disantap sebagai makanan di pagi hari

Wah, rupanya banyak cerita yang simpan di balik makanan khas Meksiko ini, ya! Mmm..jadi ingin menyobanya, deh!

Foto : creativecommons.org