Siapa yang Membuat Candi Borobudur?

By Sigit Wahyu, Rabu, 10 Mei 2017 | 11:57 WIB
Stupa di lantai atas candi. Foto: Ricky Martin | Bobo.ID (Sigit Wahyu)

Candi Borobudur merupakan candi yang sangat besar dan terkenal di dunia. Siapakah tokoh yang membuat bangunan sebesar itu? Siapakah si pembuat Candi Borobudur

Sudah seribu tahun lebih

Candi Borobudur adalah bangunan peninggalan pada masa Buddha. Candi Borobudur mulai didirikan pada  akhir abad ke-8 dan awal abad ke-9. Wah, sudah lama sekali, ya! Umurnya sudah lebih dari seribu tahun. Walaupun begitu, candi ini masih berdiri kokoh.

Raja Samaratungga

Siapakah orang hebat yang menjadi pembuat Candi Borobudur? Menurut sejarawan J.G. de Casparis, ia menemukan bukti dari sebuah prasasti Karang Tengah dan Kahuluan, kalau Candi Borobudur yang megah ini didirikan oleh Raja Samaratungga sekitar tahun 824 M. Beliau adalah Raja Mataram kuno dari dinasti Syailendra.

Dibangun selama setengah abad

Pembangunan Candi Borobudur membutuhkan waktu yang lama. Ribuan balok batu yang  disusun dan diukir indah ini baru selesai pada masa putrinya, Ratu Pramudawardhani memerintah.

Kalau dihitung-hitung, pembangunan Candi Borobudur memakan waktu lebih dari setengah abad. Perlu waktu yang lama, karena bangunan raksasa nan megah ini dilakukan dengan penuh perhitungan. Selain memiliki makna yang tinggi, Candi Borobudur juga memiliki keindahan tiada tara.

Pembangunan yang lama, sungguh  tidak sia-sia. Buktinya, selama ribuan tahun Candi Borobudur menjadi  kebanggan Indonesia. Banyak turis mancanegara yang datang untuk melihat bangunan yang dibangun tanpa semen. Sungguh peninggalan sejarah yang luar biasa.