Junk Food, Lezat tapi Berbahaya!

By Danastri Permata Putri, Jumat, 12 Mei 2017 | 02:57 WIB
Bahaya Junk Food, Ilustrasi: wonderopolis.org (Danastri Permata Putri)

Jenis makanan ini memang sangat enak dan praktis. Tetapi dibalik kelezatannya, ternyata ada hal-hal berbahaya yang harus kita perhatikan saat mengkonsumsi junk food, lo! Apa saja, ya?

Pengertian junk food

Sebelumnya, apakah kalian tahu pengertian junk food? Junk food adalah makanan rendah gizi, atau makanan tidak sehat dan memiliki sedikit kandungan nutrisi. Istilah ini diciptakan oleh Michael Jacobson pada tahun 1972. Kata junk sendiri artinya sampah, yang menggambarkan betapa tidak baiknya makanan ini jika dikonsumsi. Kebanyakan makanan cepat saji (fast food) juga termasuk ke dalam kategori junk food.

Kegemukan

Dampak buruk dari junk food yang pertama yaitu menyebabkan obesitas atau kegemukan. Hal ini karena junk food banyak mengandung lemak, garam, dan kalori. Terdapat kalori yang sangat banyak dalam satu porsi junk food, namun nilai gizinya sangat sedikit atau bahkan tidak ada. Makanan ini disebut sebagai penyebab utama kegemukan. Jika dibiarkan, akan menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke hingga serangan jantung.

Kekebalan tubuh lemah

Kebiasaan mengkonsumsi junk food juga akan membuat sistem kekebalan tubuh kita melemah. Junk food merupakan makanan yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada nutrisinya. Sehingga, orang yang terbiasa mengkonsumsi junk food akan kekurangan gizi dan nutrisi. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh akan menurun dan tubuh menjadi mudah terkena penyakit.

Mempengaruhi kerja otak

Selain terhadap tubuh, ternyata makanan ini juga berpengaruh terhadap kerja otak kita. Satu minggu mengkonsumsi junk food dapat memicu gangguan memori pada otak. Hal ini dikarenakan lemak trans yang ada di dalam kandungan junk food menggantikan lemak sehat yang ada di otak. Sehingga mengganggu mekanisme sinyal normal pada otak. Hal ini juga yang menyebabkan orang sulit berfikir, terutama pelajar yang terbiasa mengkonsumsi junk food.

Membuat ketagihan

Siapa yang tidak suka hamburger, kentang goreng, sosis, dan chicken nugget? Hmmm membayangkannya saja sudah membuat kita menelan ludah! Yup, makanan jenis ini memang terkenal dengan rasanya yang lezat. Hal ini yang menyebabkan kita ketagihan. Jika sudah begini, kita akan semakin sering mengkonsumsi junk food dan malas makan makanan bergizi seperti buah dan sayuran.

Nah, apakah kalian masih ingin sering-sering menkonsumsi junk food? Lebih baik makan makanan yang bergizi saja, ya! Agar kita selalu mejadi anak-anak Indonesia yang sehat dan pintar.