3 Pekerjaan Unik di Bandara

By willa widiana, Jumat, 12 Mei 2017 | 03:00 WIB
TIS, CSM, dan Duta Larangan Merokok (willa widiana)

Jika mendengar kata bandara, pekerjaan yang paling kamu ingat pasti pilot dan pramugari/pramugara. Padahal ada pekerjaan lain yang berhubungan dengan bandara, misalnya tiga pekerjaan unik ini!

TIS

Terminal Inspection Service (TIS), orang yang bekerja sebagai TIS harus berkeliling bandara untuk memastikan keadaan bandara. Jika ada sesuatu yang rusak, TIS akan melapor dan orang yang ahli akan memperbaikinya. TIS yang ada di terminal 3 Soekarno-Hatta cukup unik, mereka berkeliling bandara menggunakan segway.

CSM

Customer Service Mobile (CSM), orang yang bekerja sebagai CSM mempunyai kewajiban untuk membantu/mengantarkan anak-anak, orang lanjut usia, dan ibu hamil menuju tujuan mereka. Biasanya, para CSM melakukan mengantarkan menggunakan mobil golf. Jadi, orang yang membutuhkan itu bisa sampai di tempat tujuan tepat waktu.

Oiya, CSM yang ada di terminal 3 cukup unik, mereka menggunakan sepatu roda. Tujuannya agar bisa membantu dengan cepat dan sigap.

Duta Larangan Merokok

Beberapa orang punya kebiasaan merokok sembarangan. Padahal, saat di bandara, kita tidak boleh merokok sembarangan. Jika ada orang yang merokok sembarangan, mereka akan ditegur oleh Duta Larangan Merokok. Selanjutnya, para perokok itu akan diarahkan ke ruangan khusus untuk merokok. Jadi, asapnya tidak akan mengganggu penumpang lain.

Foto: Nendra