Pisang Epe, Makanan Khas Pantai Losari

By Sylvana Toemon, Jumat, 12 Mei 2017 | 06:20 WIB
Pisang epe, makanan khas Pantai Losari (Sylvana Toemon)

Berkunjung ke Pantai Losari di Kota Makassar, tak lengkap tanpa mencicipi pisang epe. Makanan seperti apakah ini?

Pisang gepeng

Pisang epe tentu saja berbahan dasar pisang. Pisang yang digunakan adalah pisang kepok yang belum matang, atau yang masih mengkal. Setelah dikupas, pisang ini dibakar.

Pisang yang sudah dibakar kemudian ditekan dengan menggunakan alat khusus yang terbuat dari kayu. Akibatnya pisang ini akan berbentuk gepeng atau pipih.

Pisang ini biasanya disajikan dengan gula merah cair. Sekarang, pisang juga disajikan dengn kombinasi cokelat, keju, atau durian.

Menggunakan arang dan kipas tangan

Membuat pisang epe hampir sama dengan membuat pisang bakar atau roti bakar. Cara memasaknya dengan dibakar di atas api atau bara.

Namun, cara membakarnya tidak boleh sembarangan, lo. Ada yang mengatakan citarasa pisang epe akan lebih enak apabila dibakar dengan menggunakan arang dan baranya dikipasi menggunakan kipas tangan.

Jajanan di Pantai Losari

Di pesisir Pantai Losari, ada banyak penjual pisang epe. Mereka berjualan dengan menggunakan gerobak yang diletakkan berjejer-jejer di sebuah kawasan khusus.

Tak jauh dari situ ada tempat duduk untuk menikmati pisang epe dan aneka makanan lainnya. Pisang epe sangat cocok dinikmati saat sore hari menjelang Matahari terbenam. Apalagi saat ada angin yang bertiup sepoi-sepoi.