Mengenal Teknologi Nano

By Sylvana Toemon, Jumat, 11 Agustus 2017 | 11:00 WIB
Teknologi nano sangat penting bagi kehidupan kita (Sylvana Toemon)

Apakah kamu pernah mendengar tentang teknologi nano? Teknologi nano itu apa, ya? Apakah ada gunanya bagi kehidupan kita?

Berawal dari nanometer

Teknologi nano adalah ilmu pengetahuan dan teknologi tentang zat, material, dan sistem pada skala nanometer. Nanometer adalah satuan ukuran panjang yang sama dengan 1/1.000.000.000 meter. Lebih mudahnya 1 nanometer sama dengan 1 per semiliar meter. Ukuran 1 nanometer tidak dapat dilihat oleh mata manusia karena kecil sekali. Ukuran ini jauh lebih kecil dari helai rambut manusia. Perlu alat bantu khusus untuk melihatnya.

Teknologi masa depan

Pada ukuran nanometer, semua materi dapat direkayasa menjadi sesuatu yang kita inginkan dan perlukan. Teknologi nano juga terkait erat dengan bidang-bidang ilmu lainnya seperti biologi, fisika, elektronik, dan lain-lain. Teknologi nano adalah teknologi yang dapat mengubah kehidupan manusia menjadi lebih baik di masa depan. Itu sebabnya sangat penting bagi kita untuk menguasai teknologi nano.

Belum banyak ahlinya

Saat ini belum banyak orang yang memahami teknologi nano dan apa pentingnya bagi kehidupan kita. Karena itu, belum banyak orang yang ahli di bidang ini. Penelitian yang dilakukan, apabila dinilai baik, dapat dibuat dalam jumlah yang besar.

Contoh sederhananya dengan membuat air kotor menjadi air bersih. Air bersih sangat diperlukan bagi kehidupan kita, namun sekarang persediaannya makin berkurang. Teknologi nano dapat mengubah air kotor menjadi air bersih yang layak untuk diminum.

Dengan teknologi nano, kita dapat membuat kaus kaki anti kotor atau pensil yang tidak perlu diserut. Asyik, kan? Kalau kamu menguasai teknologi nano, benda apa yang ingin kamu ciptakan?