Mengapa Ada Upacara Bendera?

By willa widiana, Sabtu, 13 Mei 2017 | 00:46 WIB
Beberapa murid SD sedang melakukan latihan upacara. (willa widiana)

Kamu selalu ikut upacara bendera di sekolah, kan? Mengapa ada upacara bendera?

Menghormati jasa pahlawan

Ternyata... kegiatan itu diadakan bukan tanpa alasan, lo! Awalnya, upacara dilakukan untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan Indonesia menjadi negara yang merdeka.

Dahulu, para pahlawan rela berkorban demi tanah air Indonesia. Nyawa merekapun menjadi taruhan. Maka dari itu, di setiap upacara, selalu ada sesi untuk mendoakan pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara (biasa disebut mengheningkan cipta).

Menumbuhkan sikap disiplin

Upacara tidak hanya untuk menghormati jasa pahlawan, tetapi juga membuat kita belajar untuk lebih disiplin. Kita harus datang tepat waktu dan mengenakan seragam yang lengkap. Kalau ada yang terlupa, kita akan mendapatkan hukuman. Hayoo... siapa yang pernah kena hukuman? Hihihi...

Biar kamu lebih siap ikut upacara bendera, jangan lupa untuk bangun lebih awal. Selain itu, jangan lupa sarapan ya! Soalnya, saat upacara harus berdiri di tengah lapangan dan di bawah sinar matahari. Jika badan kamu sehat dan siap, maka  kamu bisa mengikuti upacara dengan serius.

Foto: Creative Commons