Ini Dia 5 Buah Unik Hasil Rekayasa Genetika

By Putri Puspita, Minggu, 14 Mei 2017 | 10:10 WIB
Tomat Ungu. Foto: merdeka.com (Putri Puspita)

 

Saat ini banyak tercipta buah-buah unik hasil rekayasa genetika. Apa itu rekayasa genetika? 

Rekayasa genetika merupakan proses memanipulasi atau melakukan perubahan susunan di dalam gen atau menyelipkan gen baru ke dalam organisme penerima. Biasanya, rekayasa genetika dilakukan pada tumbuhan, atau tanaman penghasil buah, tujuannya untuk meningkatkan produksi dan menciptakan tumbuhan yang tahan penyakit.

Ini adalah 5 buah unik hasil rekayasa genetika.

1. Tomat Ungu

Tomat dikenal tidak bisa tahan lama. Tomat ungu adalah buah hasil rekayasa genetika yang bisa lebih tahan lama dari asalnya 21 hari menjadi 48 hari. Selain tahan lama, kandungan nutrisinya juga ternyata lebih baik. Tomat ungu adalah penemuan dari Professor Cathie Martin dari The John Innes Centre Inggris.

2. Cucamelon

Cucamelon merupakan buah hasil rekayasa yang sungguh luar biasa, karena melibatkan tiga jenis buah, semangka, mentimun dan jeruk nipis. Ukuran buah seperti anggur, namun warna kulit seperti semangka. Rasanya? Ternyata seperti mentimun dan jeruk nipis. Kelebihan dari cucamelon sangat kebal terhadap hama, tahan kering. Tanaman buah ini berasal dari Meksiko, dan sudah ada sejak berabad-abad.

3. Grapple

Grapple merupakan hasil rekayasa antara apel dan anggur. Bentuknya menyerupai apel, tetapi memiliki tekstur seperti anggur. Bagaimana dengan rasanya? Ternyata Grapple punya campuran dari rasa kedua buah. Grapple memiliki dosis vitamin c sangat tinggi, melebihi kandungan yang dimiliki apel dan anggur.

4. Peacotum

Sepintas buah yang dinamai peacotum ini jika dilihat dari luar seperti tomat. Namun jika dibelah buah ini lebih menyerupai plum.  Sedangkan tekstur dari buah ini menyerupai apricot. Buah hasil rekayasa memang perpaduan dari tiga jenis buah, peach, apricot, dan plum Peacotum memiliki kadar terpenoid lebih tinggi yang berguna sebagai antimikroial, pestisidal dan antifungal, sehingga buah ini memiliki daya tahun lebih lama. Peacotum kini menjadi buah yang cukup digemari di Amerika, karena rasa manisnya dan dikembangkan secara komersial oleh sebuah perusahaan dan diberi label nectacotum.

5. Pluots

Pluots sering juga disebut buah telur dinosaurus. Pluots terkenal dengan rasanya yang sangat manis dan juga memiliki tekstur kulit yang lembut. Pluots merupakan buah hasil rekayasa genetika dari buah plum dan apricot. Kelebihan dari pluots, selain memiliki rasa manis, dan kandungan vitamin c tinggi, serta mengandung lycopene yang antioksidan, anthocyanins, potassium, dan lutein. Pluots dianggap sebagai buah sehat dan tidak memiliki efek negatif bagi siapa saja yang mengkonsumsinya.