Okonomiyaki, Makanan Lezat dari Jepang

By Putri Puspita, Selasa, 16 Mei 2017 | 03:53 WIB
Salah satu penjual Okonomiyaki di Stasiun Nagoya. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID (Putri Puspita)

Okonomiyaki adalah makanan yang sangat terkenal di Jepang. Makanan ini  terbuat dari adonan terigu yang berisi sayuran, daging, ikan, dan bahan lainnya, lalau dipanggang di atas plat besi dan diolesi saus di atasnya.

Sejarah Okonomiyaki

Ternyata okonomiyaki berkaitan dengan budaya minum teh di Jepang yang dikenal dengan nama Funoyaki. Kue dalam upacara minum teh terbuat dari tepung terigu yang dilarutkan dengan air dan kemudian dipanggang, lalu dilentangkan di atas pot dan dipanggang sedikit berisi pasta kacang kedelai dan bubuk merica Jepang.

Selanjutnya, berkembanglah makanan bernama  Yoshoku Yaki, yaitu makanan yang terbuat dari tepung terigu campur air lalu dipanggang di atas plat besi panggang berbentuk lingkaran dan diberi tepung tempura goreng di atasnya. Makanan ini sangat terkenal di antara masyarakat biasa pada masa itu.

Setelah zaman perang, Yoshoku Yaki menjadi dimasak dengan campuran sayuran atau aneka macam ikan, lalu disebut dengan Okonomiyaki karena menggunakan bahan yang disukai yang dalam bahasa Jepang disebut "konomi".

Dua macamoOkonomiyaki terkenal

Sebenarnya di setiap daerah memiliki cerita mengenai okonomiyaki yang berbeda-beda.  Ada 2 macam Okonomiyaki yang terkenal. Pertama, Okonomiyaki ala Kansai yang dibuat dengan mengaduk terlebih dahulu bahan makanan dengan tepung terigu lalu dipanggang. Kedua,  Okonomiyaki ala Hiroshima yang dibuat tanpa diaduk bahan makanan dan tepung terigunya tetapi langsung ditumpuk dan dipanggang di atas plat besi panggangan.

Okonomiyaki ala Hiroshima disebut awalnya disebut Issen Yoshoku, yaitu adonan yang dilarutkan dengan air hingga encer kemudian dipanggang dengan bentuk lingkaran, kemudian di atasnya diberi tepung bonito, daun bawang, dan rumput laut parut, kemudian dilipat menjadi setengah dan diberi saus tiram.