Kamu Sedang Sedih? Cobalah 4 Cara Ini

By Putri Puspita, Selasa, 16 Mei 2017 | 05:52 WIB
Semua orang pasti pernah sedih. Foto: nightrxy.files.wordpress.com (Putri Puspita)

Setiap orang pasti pernah merasa sedih. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mungkin gagal meraih yang diiginkan, kehilangan sesuatu, atau setelah bertengkar. Nah, ini 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kesedihan agar tidak berlarut-larut.

1. Berbagi cerita

Berbagi cerita bisa menjadi satu pilihan yang tepat untuk mengatasi kesedihan. Kamu bisa memilih satu teman bercerita, mungkin teman sekelas atau sahabat di tempat lainnya. Dengan bercerita, perasaan bisa menjadi lebih lega dan kesedihan pun berkurang. Kamu juga bisa berbagi cerita dengan orang tua karena orang tua adalah bagian yang telah lama menghabiskan waktu denganmu. Mereka biasanya akan sangat mengerti apa yang kamu rasakan.

2. Tulis kesedihan

Nah, kalau kamu merasa tidak ingin bercerita dengan siapa-siapa, kamu bisa memilih cara “menulis”. Menulis juga bercerita lo! Tulis saja semua hal yang membuatmu sedih pada selembar kertas atau lebih. Lalu, remas-remas kertas itu dan buang ke tempat sampah. Itu bisa menjadi simbol bahwa kamu telah membuang hal-hal yang membuatmu sedih.

3. Tulis harapan

Ini merupakan kelanjutan dari berbagi cerita atau pun menulis kesedihan, yaitu menulis harapan. Penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang memiliki harapan untuk masa depan lebih bersemangat dalam menjalani hidup ini. Jadi, belum cukup hanya menghilangkan kesedihan, tetapi harus juga diikuti dengan menentukan harapan. Teman-teman bisa menuliskan harapan ini di selembar kertas atau lebih lalu menempelkannya di kamar atau tempat yang mudah terlihat.

4. Lakukan hobi

Menikmati hobi juga bisa menjadi pilihan kegiatan saat bersedih. Jika teman-teman suka menonton, maka pilihlah film dan nikmati. Jika suka kegiatan outdoor, seperti olahraga dan jalan-jalan, juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Jika kamu suka bepergian dengan teman-teman, pilihan ini juga bisa membuat perasaanmu menjadi lebih baik.