Tardigrada, Si Hewan Tangguh

By willa widiana, Selasa, 16 Mei 2017 | 07:41 WIB
Tardigrada adalah hewan invertebrata (tak bertulang belakang) yang biasa disebut water bear (Hypsibus dujardini). (willa widiana)

Hewan apa yang paling tangguh di bumi? Mungkin, beberapa diantara kamu akan menjawab badak, singa, atau buaya. Akan tetapi, julukan si hewan tangguh jatuh kepada tardigrada.

Apa itu tardigrada?

Tardigrada adalah hewan invertebrata (tak bertulang belakang) yang biasa disebut water bear (Hypsibus dujardini). Hewan yang hidup di air ini termasuk ke dalam salah satu makhluk terkecil di bumi, karena ukurannya hanya 1,5 milimeter. Karena ukurannya yang kecil, hewan ini bisa lolos dari pemangsa dengan cara bersembunyi dibalik batu atau karang laut.

Kenapa tardigrada dijuluki si hewan tangguh?

Kita sudah tahu kalau hewan ini hanya berukuran 1,5 milimeter. Akan tetapi, hewan ini mempunyai gigi yang tajam, sehingga bisa mengoyak alga dan hewan kecil lainnya. Selain itu, hewan ini juga bisa hidup di luar air, lo. Jadi, sekarang kamu tahu, kan, kenapa tardigrada diberi julukan si hewan tangguh?

Lalu... bagaimana cara tardigrada hidup di luar air?

Habitat aslinya memang di dalam air, tetapi jika harus hidup di luar air... Tardiograda bisa menjalaninya, kok, karena ia termasuk hewan yang fleksibel. Agar bisa hidup di luar air, Tardigrada akan mengganti cairan di tubuhnya dengan gula trehalose, dengan begitu ia sudah bisa hidup di lingkungan barunya yang tak berair.

Oiya, pada tahun 2007, ilmuan mengirim tardigrada dan hewan lainnya ke luar angkasa menggunakan kapsul FOTON-M3. Nah, dari percobaan itu, hanya tardigrada lah yang berhasil kembali ke bumi dengan selamat dan bertahan dari sinar kosmik dan radiasi ultraviolet.

Nah, sepertinya bukti-bukti di atas sudah cukup membuktikan bahwa Tardigrada berhak mendapatkan julukan si hewan tangguh.

Foto: wikimedia.org