5 Tips Liburan ke Pantai

By Sylvana Toemon, Selasa, 16 Mei 2017 | 09:32 WIB
5 tips liburan ke pantai (Sylvana Toemon)

Siapa yang suka bermain ke pantai? Liburan ke pantai memang menyenangkan. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar liburan ke pantai kita tetap seru dan menyenangkan. Ini tipsnya!

1. Gunakan tabir surya dan pelindung sinar matahari. Ketika bermain di pantai tubuhmu akan terkena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari, terutama sinar ultra violet yang berlebihan akan membuat kulitmu kering dan kusam. Untuk mencegahnya, gunakan krim tabir surya untuk melindungi kulitmu. Gunakan juga topi untuk melindungi kepala. Jangan lupa kacamata gelap untuk melindungi matamu.

2.  Minum air putih yang banyak. Bermain di pantai saat udara cerah akan membuatmu berkeringat. Kamu harus minum air putih yang banyak supaya tubuhmu tidak kekurangan cairan. Bawalah bekal air minummu sendiri. Di laut, walaupun banyak air, tapi rasanya asin dan tidak bisa diminum.

3.  Menjaga barang bawaan. Serunya bermain di pantai membuat kita sering lupa dengan barang-barang yang kita bawa. Tanpa sengaja, mungkin saja kita meninggalkan kamera ketika sedang bermain pasir. Atau, meninggalkan topi dan sendal saat mau berenang ke laut. Ketika kamu akan pergi bermain, titipkan barang bawaanmu kepada orang lain yang kamu kenal, misalnya kepada orang tuamu.

4.  Berhati-hati saat berenang. Ada beberapa pantai yang cukup aman untuk berenang. Walaupun aman, kamu harus tetap hati-hati. Usahakan dirimu selalu terlihat oleh orang dewasa yang kamu kenal atau penjaga pantai. Caranya gampang, kok. Setiap beberapa saat, arahkan pandanganmu ke mereka. Kalau mereka bisa terlihat dengan jelas. Berarti mereka juga bisa melihatmu.

5.  Bawa handuk dan pakaian ganti. Seharian bermain di pantai akan membuat pakaianmu kotor dan basah. Pastikan kamu membawa pakaian ganti yang bersih dan kering. Siapkan pakaianmu sebelum pergi sehingga tidak perlu repot lagi saat kamu memerlukanya. O ya, bawa juga handuk bersih untuk mengeringkan tubuhmu.

Apakah kamu suka berlibur ke pantai? Bobo dan adik-adiknya juga suka main ke pantai, lo.