5 Cara Agar Kita Suka Membaca Buku

By Putri Puspita, Rabu, 17 Mei 2017 | 03:27 WIB
Buku adalah gudangnya ilmu pengetahuan. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID (Putri Puspita)

Tanggal 17 Mei diperingari sebagai Hari Buku Nasional. Nah, membaca buku adalah kegiatan yang sangat bermanfaat karena bisa menambah pengetahuan. Nah, bagi kamu yang tidak suka membaca karena merasa membosankan, coba cara di bawah ini deh!

1. Ajak teman

Membaca bisa jadi menyenangkan bila membaca tidak dilakukan sendirian. Duduk bersama-sama dengan teman, lalu membaca, bisa menjadi pilihan yang tepat. Ketika orang-orang di sekitar kita memaca, maka hal itu bisa mendorong motivasi dalam diri untuk membaca.

2. Bertukar isi bacaan

Buatlah janji dengan teman untuk bertukar isi bacaan pada suatu waktu. Hal ini bisa memotivasi teman-teman untuk menyelesaikan bahan bacaan. Selain bisa berbagi hasil membaca dengan orang lain, teman-teman juga bisa memperoleh pengetahuan dari bacaan yang telah dibaca oleh teman.

3. Pilih tempat favorit

Tempat juga bisa menjadi pertimbangan dalam mendorong niat untuk membaca. Ada yang suka membaca di tempat terbuka, ada yang suka di tempat tertutup, ada yang suka di tempat sepi, dan ada juga yang suka di tempat ramai. Kalau kamu, suka yang seperti apa?

4. Beri hadiah

Teman-teman juga bisa memberi hadiah pada diri sendiri ketika telah menyelesaikan suatu bahna bacaan. Mungkin boleh makan es krim atau pergi jalan-jalan. Hal itu bisa menjadi awalan yang baik untuk membangun rasa senang untuk membaca.

5. Cari topik yang disukai

Nah, membaca akan menjadi tidak membosankan ketika teman-teman memilih buku yang memiliki topic yang diminati, misalnya tentang teknologi, binatang peliharaan, atau lainnya. Supaya membaca jadi menyenangkan, bisa dimulai dari buku dengan topik yang teman-teman sukai terlebih dahulu.