Misteri Nessie si Monster Loch Ness

By Sigit Wahyu, Rabu, 17 Mei 2017 | 09:31 WIB
Monster Loch Ness. Sumber: gizmodo.com (Sigit Wahyu)

Namanya sih imut, tetapi tampangnya, hiy seram! Terutama bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Ness di Skotlandia. Kabarnya, Nessie tinggal di danau ini!

Loch Ness = monster Danau Ness

Dalam bahasa Skotlandia, danau disebut loch. Karena itu Nessie dijuluki monster Loch Ness alias monster Danau Ness. Nessie dipercaya berwujud seperti plesiosaurus, salah satu dinosaurus yang sudah punah jutaan tahun lalu.

Banyak orang mengaku telah melihat Nessie.

1. Pada tahun 1934, seorang dokter bedah mengaku berhasil memotret Nessie. Namanya Pak R. Kenneth Wilson. Namun pada tahun 1990, foto itu terbukti palsu.

2. Lalu pada tanggal 31 Mei 2007, ada berita yang tak kalah menghebohkan. Pak Gordon Holmes, seorang teknisi laboratorium asal Yorkshire, Inggris, mengaku berhasil merekam Nessie dengan kamera videonya.

Sudah banyak penelitian yang dilakukan para ahli untuk memastikan keberadaan Nessie. Namun, belum ada yang membuahkan hasil.

Kesimpulan sementara para ahli

Nessie hanya bayangan benda yang terapung di danau. Tetapi karena orang-orang telanjur percaya pada cerita Nessie, maka mereka melihat bayangan benda tersebut sebagai Nessie.

Dalam salah satu percobaan, para peneliti mengapungkan sebatang kayu di Danau Ness. Kayu itu diletakkan pada sore hari, pada saat sekelompok wisatawan berkunjung. Hasilnya, wuah... sebagian besar pengunjung yakin telah melihat si monster danau!

Sumber: Arsip Bobo, Teks: Dwi, Sumber foto: euclidlibrary.org, gizmodo.com