Misteri Yeti, Monster Salju Himalaya

By Sigit Wahyu, Rabu, 17 Mei 2017 | 10:08 WIB
Yeti (Sigit Wahyu)

Yeti… Namanya sih, mirip nama orang Indonesia. Tetapi, monster ini enggak tinggal di Indonesia, melainkan di pegunungan Himalaya.

Gorila berbulu putih

Yeti berwujud seperti gorila raksasa berbulu putih. Banyak orang Nepal Himalaya dan Tibet percaya bahwa makhluk itu benar-benar ada.

Banyak juga para pendaki gunung yang mengaku pernah melihat Yeti. Malah ada yang mengabadikan jejak kaki si monster salju ini dengan kamera foto.

Tinggal di hutan Himalaya

Tetapi menurut para pemburu di Himalaya, Yeti tidak tinggal di wilayah bersalju. Yeti tinggal di hutan Himalaya yang paling tinggi.

Di sana Yeti berayun di pepohonan menggunakan sepasang tangan dan kakinya. Namun, saat melintasi padang salju, Yeti berjalan tegak dengan tubuh agak sedikit membungkuk.

Mencari lumut yang mengandung garam

Lalu untuk apa ya, Yeti melintasi padang salju? Menurut dugaan para sherpa (pemandu pendakian), Yeti mencari makanan berupa lumut yang mengandung garam yang tumbuh di batu moraine. Ada juga ahli yang mengatakan Yeti mencari lumut kerak yang kaya gizi.

Baru-baru ini sekelompok penjelajah mengatakan telah menemukan tapak-tapak kaki Yeti. Penelitian terus berlanjut. Hingga kini Yeti masih jadi misteri!

Sumber: Arsip Bobo, Teks: Dwi, Sumber foto: conceptodefinicion.de