Apa Penyebab Gigi Ngilu?

By willa widiana, Rabu, 17 Mei 2017 | 11:19 WIB
Ngomong-ngomong, kenapa gigi bisa ngilu, ya? (willa widiana)

Saat bertamu ke rumah orang, biasanya kita akan disuguhkan banyak makanan. Lagi enak-enak makan, tiba-tiba giginya ngilu. Wah, pasti rasanya tidak enak. Kenapa gigi bisa ngilu, ya?  

Sakit gigi memang tidak dapat dipisahkan dengan nyeri terus-menerus, disertai rasa pening dan sakit di sekujur tubuh. Kalau gigi sudah terasa nyeri, jangankan belajar, mengunyah makanan saja susah. Pada umumnya, gangguan penyakit gigi adalah plak gigi, gigi rapuh (flurosis), dan gigi berlubang. Nah, biasanya yang membuat ngilu, yaitu kondisi gigi berlubang (busuk).

Sekitar tahun 1700-an, Willoughby Miller, seorang dokter gigi Amerika yang bekerja di Universitas Berlin menemukan penyebab pembusukan gigi. Ia menemukan bahwa lubang gigi disebabkan oleh pertemuan antara bakteri dan gula. Bakteri akan mengubah gula dari sisa makanan menjadi asam dan asam inilah yang akhirnya membuat lubang kecil pada email gigi.

Jika lubang gigi telah sampai lapisan terdalam sehingga mencapai saraf gigi, siap-siap saja merasakan serangan ngilu dan nyeri di sekitar gigi. Kalau sudah begitu harus cepat-cepat pergi ke dokter gigi. Nah, makanya mulai sekarang jangan malas untuk menggosok gigi dan menjaga kebersihannya ya!

Teks: Annisa, Ilustrasi: freegreatpicture.com