Pendiri Taman Mini Indonesia Indah

By willa widiana, Kamis, 18 Mei 2017 | 03:45 WIB
Miniatur Pulau Papua, di TMII (willa widiana)

Ide didirikannya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dicetuskan oleh istri Presiden Indonesia yang ke-2, Ibu Siti Hartinah atau Ibu Tien Soeharto (Alm). 

Indonesia versi mini

Pada tanggal 13 Maret 1970 yang lalu, di kediaman rumah Alm. Ibu Tien, Jalan Cendana No. 8, diadakan suatu pertemuan. Tujuannya untuk merumuskan pembangunan sebuah tempat yang bisa membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air. Dalam pertemuan itu, tercetuslah ide untuk membangun sebuah taman yang bisa mencakup semua daerah di Indonesia dalam versi mini atau kecil.

Dimulai tahun 1972

Maka, pada tahun 1972, Taman Mini Indonesia Indah mulai dibangun. Taman yang luasnya kurang lebih 250 kilometer persegi ini letaknya di wilayah Jakarta Timur. TMII diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Taman wisata bertema budaya Indonesia dengan miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia ini begitu lengkap. Hmm.. boleh dibilang, taman Indonesia dalam versi mini ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia.

Banyak anjungan

Di dalamnya, terdapat rumah-rumah adat, busana tradisional, tarian, dan tradisi yang ditampilkan dalam anjungan masing-masing daerah. Di tengah-tengah kawasan taman wisata ini, ada sebuah danau besar yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia. Kalau kamu melihat dari atas dengan naik kereta gantung, maka akan terlihat jelas. Indah sekali deh! 

Selain itu, di taman wisata ini juga terdapat berbagai museum, tempat peragaan teknologi, teater (Teater IMAX Keong Mas & Tanah Airku), serta tempat rekreasi lainnya. Tidak usah pusing mengelilingi taman mini yang luas ini, kamu bisa naik kereta wisata, monorel, kereta gantung, mobil/bus wisata yang terbuka, atau menyewa sepeda di Taman Mini Indonesia Indah.

Teks: Ervina