Hay-on-Wye, Kota Buku

By Sylvana Toemon, Kamis, 18 Mei 2017 | 06:35 WIB
Kota Hay-on-Wye, kota buku. (Sylvana Toemon)

Kota kecil ini dipenuhi oleh banyaaak sekali buku. Buku-buku itu tidak hanya berada di rak buku yang ada di dalam rumah, lo. Di luar ruangan juga terlihat banyak buku. Kota kecil ini adalah Kota Hay-on-Wye, kota buku.

Kota kecil dengan puluhan toko buku

Kota kecil yang berada di daerah Wales, Inggris ini memang terkenal karena bukunya. Di kota ini ada 40 toko yang menjual aneka buku bekas. Buku-buku itu dipajang di rak-rak di dalam toko dan juga diletakkan di luar ruangan. Jutaan orang datang ke kota ini untuk melihat buku-bukunya.

Buku bekas

Awalnya, toko buku di Hay-on-Wye hanya 1. Toko buku bekas itu didirikan oleh Bapak Richard Booth pada tahun 1961. Tempatnya di sebuah bekas stasiun pemadam api yang sudah tua. Buku-buku yang dia jual kebanyakan berasal dari perpustakaan yang ditutup. Pak Richard mendatangi perpustakaan-perpustakaan yang tutup bahkan sampai ke Amerika.

Festival Literatur Hay

Tahun 1970, kota kecil Hay-on-Wye ini sudah dipenuhi buku. Jumlah toko buku bekas bertambah banyak, tidak hanya yang dimiliki oleh Pak Richard Booth. Buku-buku itu menjadi bagian dari kota ini sampai sekarang. Beberapa tempat duduk di tempat terbuka disediakan untuk pengunjung yang mau membaca buku. Hiasan di taman kota ini juga disusun dari buku. Kota ini juga menjadi tempat bagi Festival Literatur Hay. Festival tahunan ini dihadiri ribuan penulis dari seluruh dunia.

Toko buku kejujuran

Yang paling menarik, kebanyakan toko-toko buku ini mengandalkan kejujuran. Tidak ada orang yang menjaga toko ini atau yang bertugas sebagai kasir. Kalau ada pengunjung yang mau membeli buku, mereka bisa memasukkan uangnya ke dalam kotak surat sesuai harga yang tertera.

Apakah kamu ingin mengunjungi toko-toko buku di kota ini?