Napoleon, Si Ikan Karang

By willa widiana, Kamis, 18 Mei 2017 | 06:21 WIB
Ikan Napoleon atau Ikan Napoleon Wrasse, memiliki nama latin Cheilinus Undulatus. (willa widiana)

Ikan Napoleon atau Ikan Napoleon Wrasse, memiliki nama latin Cheilinus Undulatus. Jenis ikan karang berukuran besar ini adalah anggota dari familia labridae. Ukuran ikan ini bisa mencapai 2 meter dengan berat 190 kg. 

Terlihat jinak

Ikan napoleon mempunyai daya tarik tersendiri bagi para penyelam untuk menikmati wisata alam bawah laut. Para penyelam biasanya menemukan ikan ini berenang sendiri pada daerah sekitar karang. Ikan ini biasanya sangat jinak dengan para penyelam.

Ikan napoleon memiliki julukan lain, yakni maori rasse. Julukan itu diberikan karena bagian mukanya mempunyai guratan-guratan yang menyerupai hiasan muka orang Maori (penduduk asli Selandia Baru). 

Ikan karang

Ketika muda, ikan napoleon terlihat pucat dengan garis-garis vertikal lebih gelap. Begitu dewasa, warna tubuhnya menjadi hijau kebiru-biruan dengan garis-garis lebih jelas. Bibirnya menebal dan bagian atas kepalanya pun menonjol ke depan, seperti ikan lohan. Karena benjolnya itu, orang pun menamainya Wrasse kepala berponok (humphead wrasse). 

Ikan Napoleon (Cheilunus undulatus) merupakan salah satu ikan karang besar yang hidup pada daerah tropis. Biasanya, ikan napoleon berenang sendiri mencari makan di daerah dekat karang. Adapun makanannya berupa beberapa jenis sea urchin, molusca, dan crustacean yang memang banyak berada pada daerah sekitar karang. 

Di Indonesia, ikan napoleon terdapat di beberapa tempat (bawah laut) seperti di Kangean-Bali, Bunaken-Sulut, Raja Ampat, NTT, Maratua, dan Laut Banda. 

Teks: Tere, Foto: wikimedia.org