Cerita Singkat Tentang Lampion

By Putri Puspita, Kamis, 18 Mei 2017 | 06:32 WIB
Indahnya Jajaran Lampion. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID (Putri Puspita)

Lampion adalah salah satu hiasan yang membuat suasana menjadi lebih semarak. Keberadaan lampion juga identik dengan perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Bagaimana ya sejarah lampion?

Sejarah

Diperkirakan tradisi memasang lampion sudah ada di daratan Cina sejak era Dinasti Xi Han, sekitar abad ke-3 masehi. Bahkan, munculnya lampion hampir bersamaan dengan dikenalnya tehnik pembuatan kertas. Namun, dulunya lampion juga ada yang dibuat dari kulit hewan dan kain.  Lampion mulai diidentikkan sebagai simbol perayaan Tahun Baru dalam penanggalan Tionghoa pada masa Dinasti Ming.

Bentuk Bentuk lampion yang konvensional adalah bulat dengan rangka bambu. Semakin lama bentuk lampion makin beragam. Salah satunya adalah lampion yang berangka logam dan dapat difungsikan sebagai lampu meja, atau lampion yang berbentuk bunga teratai yang kuncup.

Makna Lampion

Pendar cahaya merah menjadi simbol harapan di tahun yang akan datang diwarnai dengan keberuntungan, rejeki, dan kebahagiaan. Selain itu, ada juga legenda klasik juga menggambarkan lampion sebagai pengusir kekuatan jahat yang disimbolkan dengan raksasa bernama Nian. Ada kepercayaan juga bahwa memasang lampion di tiap rumah juga bisa menghindarkan ancaman kejahatan.