Museum Titanic, Berbentuk Kapal Titanic

By Sylvana Toemon, Kamis, 18 Mei 2017 | 03:48 WIB
Museum Titanic (Sylvana Toemon)

Kisah tenggelamnya Kapal Titanic masih terdengar sampai sekarang. Kapal besar yang tenggelam tanggal 15 April 1912 ini menjadi inspirasi untuk beberapa buku dan film. Bahkan, ada museum khusus yang didirikan untuk mengenang kapal besar yang mewah ini.

Berbentuk kapal di laut berombak

Museum Titanic terletak di Branson, Missouri, Amerika Serikat. Museum 2 lantai ini berbentuk seperti Kapal Titanic. Di sekitar bangunan itu ada kolam yang mengelilinginya. Kolam ini membuat bangunan berbentuk kapal itu terlihat seperti di laut. Laut buatan ini juga dilengkapi dengan ombaknya, lo.

Mirip dengan aslinya

Beberapa bagian dalam museum ini dibuat semirip mungkin dengan kapal aslinya. Ada ruang makan mewah, kabin kelas 1, kabin kelas 3 dan ruang mesin berbahan bakar batu bara. Tangga indah yang sangat terkenal dari Kapal Titanic juga ditampilkan di tempat ini. Biaya pembuatan tangga itu sangat mahal karena dibuat sangat mirip dengan aslinya.

Pengunjung = Penumpang Titanic

Ketika memasuki museum ini, pengunjung akan menerima tiket dengan nama penumpang yang dulunya pernah menjadi penumpang Titanic. Kemudian kita akan diajak mengikuti tur di dalam museum. Apakah penumpang itu berhasil selamat atau ikut tenggelam? Kita baru akan mengetahuinya di akhir tur.

Anak Buah Kapal Titanic

Sepanjang tur di dalam museum berbentuk kapal itu, kita juga akan bertemu dengan anak buah kapal yang berpakaian seperti di tahun 1912. Ada pelayan, pemusik, petugas mesin, dan tentu saja kapten kapalnya. Pengunjung yang datang boleh mengambil foto di tempat-tempat keren ini.

Pada akhir tur, pengunjung akan melihat dinding yang menampilkan orang-orang yang selamat pada peristiwa tenggelamnya Kapal Titanic. Nah, di sinilah baru ketahuan nama yang ada di tiket pengunjung berhasil selamat atau tidak. Seru, ya...