4 Hal yang Perlu Kamu Lakukan sebelum Berkunjung ke Museum

By Putri Puspita, Kamis, 18 Mei 2017 | 05:39 WIB
Megahnya Museum Fatahillah. Foto: http://www.pedomanwisata.com (Putri Puspita)

Tahukah kamu kalau setiap tanggal 18 Mei diperingati Hari Museum Internasional? Museum menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang menyenangkan. Nah, supaya perjalanan menjadi semakin seru, ada beberapa hal yang perlu teman-teman lakukan sebelum berkunjung ke museum.

1. Ketahui benda-benda yang disimpan di dalam museum

Setiap museum memiliki keunikannya masing-masing. Selain unik, museum juga menyimpan benda-benda tertentu. Museum bukan hanya menyimpan benda purbakala atau lukisan.

Namun, ada juga yang menyimpan penemuan-penemuan unik seperti di museum IPTEK atau tiruan hewan-hewan seperti yang ada di Museum Zoologi di Bogor.

Kamu mau tahu benda-benda apa? Pastikan museum yang kamu pilih sudah sesuai keinginanmu. Informasi seputar benda-benda di museum bisa dilihat juga di website museum tersebut.

2. Pastikan Jjdwal buka – tutup

Hal yang penting ketika berkunjung ke museum adalah tahu jam buka tutup museum tesebut. Jangan sampai terlambat datang karena bisa jadi tidak dapat menikmati benda-benda yang dipamerkan. Nah, jangan juga datang terlalu mendekati jam tutup karena biasanya loket pembelian tiket sudah ditutup sebelum jam tutup yang sebenarnya tertulis.

Baiknya ketika berwisata ke museum, tidak dalam keadaan terburu-buru.

3. Lihat agenda pameran atau pementasan

Biasanya ada kegiatan tambahan di museum seperti pementasan atau pameran temporer berbagai karya seni, dan bahkan kegiatan membuat karya seni tertentu. Nah, kamu bisa mendapatkan informasinya melalui internet mengenai kegiatan-kegiatan yang akan terlaksana. Pasti jadi lebih seru jika bisa mengikuti kegiatan di Museum.

4. Perhatikan peraturan di dalam museum

Hal penting lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah mengetahui peraturan yang berlaku di museum. Contohnya, harus membeli tiket, menyimpan bawaan di loker, tidak boleh menyentuh benda-benda pajangan, atau bahkan ada yang tidak boleh membawa kamera. Semua peraturan tersebut dibuat tentu saja untuk menjaga kelestarian benda-benda di museum tersebut.