5 M, Tips Berlibur ke Museum

By Eka Kartika, Kamis, 18 Mei 2017 | 06:17 WIB
Aktifitas di Museum Layang Layang, foto: liburan anak.com (Eka Kartika)

Berkunjung ke museum merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi jika di museum tersebut ada berbagai aktifitas yang dapat kamu ikuti. Tapi jangan lupa teman – teman, ada hal penting lainnya yang wajib kamu perhatikan saat bepergian ke museum. Berikut 5 tips yang siapa tahu bisa bermanfaat buat kamu.

Mencari tahu tentang Museum yang akan dikunjungi

Sebelum memutuskan untuk pergi ke suatu museum bersama keluarga, sebaiknya cari informasi dulu tentang museum yang akan dituju. Kamu bisa mendapat informasi dari media internet, brosur atau bertanya kepada teman yang sudah pernah berkunjung ke museum tersebut. Jangan lupa menanyakan hari dan jam operasional, lokasi, serta harga tiket masuk ke museum tersebut.

Mempersiapkan bekal secukupnya

Mempersiapkan barang bawaan seperti bekal secukupnya, itu wajib dilakukan teman – teman. Sebab kalau perut terasa lapar, mana bisa kita menikmati koleksi benda unik dan informasi yang terdapat di museum. Biasanya di beberapa museum memang menyediakan kantin atau koperasi kecil yang menjual makanan ringan. Tapi akan lebih baik jika kamu sudah mempersiapkannya dari rumah. Jangan lupa, sampahnya dibuang di tong sampah yang sudah tersedia yah.

Mempergunakan pakaian serta alas kaki yang nyaman dipakai

Mempergunakan pakaian serta alas kaki yang nyaman di kenakan pada waktu ke museum, juga harus diperhatikan. Jangan sampai kita salah kostum teman – teman, hehehe. Selain itu pergunakan alas kaki seperti sepatu atau sandal yang pas. Kalau sampai kaki lecet, karena lecet kan akhirnya akan merusak suasana hati ketika tengah menikmati suasana di museum.  

 Mengikuti aktifitas di museum, asyik banget lo

Walaupun menyimpan benda – benda unik dan koleksi yang tak ternilai harganya, bukan berarti museum menjadi lokasi yang membosankan. Sebab beberapa museum memiliki aktifitas yang bisa kamu ikuti pada saat berkunjung. Misalnya di museum layang – layang, atau museum Textile. Di kedua museum tersebut kita bisa mencoba berbagai hal menarik. Seperti membuat dan mewarnai layang – layang, membuat keramik, dan membatik.

Mengikuti peraturan dan tata tertib di museum

Ketika kamu memilih berkunjung ke suatu museum, maka jangan lupa untuk mengikuti peraturan dan tata tertib di museum yang dituju. Salah satu contoh tata tertib yang ada dan seringkali ditulis adalah, jangan menyentuh koleksi – koleksi yang ada.