Museum Kerang, Museum Unik di Indonesia yang Asik dijelajahi

By Eka Kartika, Kamis, 18 Mei 2017 | 06:26 WIB
Museum Kerang - Shell Museum, Bali, foto: Villadibali.net (Eka Kartika)

Berkunjung ke museum, bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan lo. Apalagi jika kamu diajak mendatangi museum yang memiliki koleksi benda  maupun hal unik. Salah satu museum yang unik dan satu – satunya di Indonesia yang wajib masuk dalam daftar kunjungan kamu, adalah museum Kerang (Shell Museum).

Museum Kerang di Bali

Ketika berada di pantai, selain bermain air dan pasir. Hal lain yang menyenangkan untuk dilakukan adalah mengambil kerang atau kulit kerang untuk dijadikan hiasan atau aksesoris.

Nah, teman – teman, di Pulau Dewata, Bali. Tepatnya di Jalan Sunset, Kuta. Ada Museum Kerang. Museum paling unik dan satu – satunya di Indonesia. Museum ini memiliki luas sekitar 1.500 meter persegi, dan terbagi menjadi 3 bagian. Selain itu, museum Kerang menyimpan kurang lebih sekitar 10 ribu aneka kerang dan fosil yang berasal dari berbagai negara yang usianya antara 100 – 150 juta tahun, teman – teman.

Ayo menjelajah Museum Kerang

Untuk mengetahui apa saja isi museum Kerang, ayo bersama - sama menjelajahi satu persatu lantai bangunannya? Mulai dengan lantai pertama, kamu akan diajak melihat berbagai koleksi mulai dari pernak pernik cantik dan unik, pajangan dinding, hingga lampu – lampu menarik terbuat dari kerang.

Jika beralih ke lantai dua, teman – teman dapat melihat fosil kerang yang bentuknya sangat mirip dengan cumi – cumi dan diperkirakan berusia sekitar 400 juta tahun. Tak hanya itu saja, karena ada juga fosil kerang mirip tumbuhan bunga yang disebut dengan Crinoid dan kurang lebih berusia 440 juta tahun. Di lantai dua ini, terdapat koleksi fosil kerang terbesar di Asia yang disebut Crinions. Dengan diameter sepanjang 1,4 meter dan berat 1,7 kilogram, kamu akan dibuat berdecak kagum saat menyaksikan fosil Crinions itu.

Di lantai tiga museum Kerang ada hal lain yang lebih unik, lo. Sebab ada koleski Cypraea Moneta yang konon di masanya, kerang jenis ini dipergunakan sebagai alat pembayaran. Selain itu terdapat pula beragam biota laut yang berisi fosil aneka jenis bulu babi, ikan hiu dan binatang laut lainnya. Seru banget yah teman – teman. Apabila ada kesempatan berlibur ke Bali, jangan lupa singgah di Museum Kerang.