R. Otto Iskandardinata

By willa widiana, Kamis, 18 Mei 2017 | 11:30 WIB
R. Otto Iskandardinata (willa widiana)

R. Otto Iskandardinata adalah salah satu Pahlawan Nasional Indonesia yang lahir di Bandung pada 31 Maret 1897.

Beliau yang akrab disapa Oto ini mendapat julukan si Jalak Harupat. Beliau menempuh pendidikan Hollandsch-Inlandsche School (HIS) Bandung dan melanjutkan pendidikan di Kweek-school Onder-bouw (Sekolah Guru Bagian Pertama) Bandung.

Karena prestasinya yang baik, akhirnya ia melanjutkan di Hogere Kweekschool (Sekolah Guru Atas) di Purworejo, Jawa Tengah. Setelah lulus dari sekolah guru, cita-citanya sejak kecil terwujud, yakni menjadi guru. Oto ingin mewujudkan bangsanya menjadi bangsa yang berilmu dan bisa melestarikan tanah airnya dengan baik.

Nyali Oto yang tinggi membuatnya pernah masuk dalam daftar hitam. Ia membongkar kasus bendungan kemuning yang berhasil menyelamatkan Rakyat Indonesia dari penipuan yang dilakukan pengusaha Belanda. Tak bisa dipungkiri, Oto adalah orang pertama yang mempopulerkan kata Indonesia Merdeka dan kemudian disingkat menjadi Merdeka karena kegigihan Oto dalam memperjuangkan hak rakyatnya.

Otto juga dikenal sebagai mantan ketua organisasi Paguyuban Pasundan (1929-1942) dan anggota Volksraad DPR pada masa Hindia Belanda (1931-1941). Selain itu, ia menjabat sebagai Menteri Negara pada kabinet pertama Republik Indonesia tahun 1945. Akhirnya, dalam peristiwa penculikan oleh Kelompok Laskar Hitam, Oto meninggal pada 20 Desember 1945 di kawasan Mauk, Banten. 

Wah, R. Otto Iskandardinata benar-benar berjasa, ya! Oiya, wajah beliau diabadikan di uang pecahan duapuluh ribuan, lo.

Teks: Ervina/Desy