Teluk Jailolo, Mutiara di Maluku Utara

By willa widiana, Kamis, 18 Mei 2017 | 11:31 WIB
Teluk Jailolo (willa widiana)

Pulau Halmahera merupakan pulau terbesar di Provinsi Maluku Utara. Masyarakat setempat di sana pun memberikan nama lain untuk Pulau Halmahera, yakni Gilolo atau Jailolo. Rupanya di pulau ini terdapat sebuah teluk yang sangat indah dan asri. Nama teluknya adalah Teluk Jailolo, mutiara di Maluku Utara.

Keindahan bawah laut

Teluk Jailolo berada di antara Pulau Ternate, Pulau Tidore, dan Pulau Halmahera. Tepatnya berada di Halmahera Barat. Sebagai salah satu pulau diving yang elok, pengunjung dapat merasakan indahnya pesona pemandangan bawah laut yang sungguh cantik.

Di bawah laut, Teman-teman akan menemukan beragam makhluk laut, seperti hiu, kura-kura, gurita, ikan hias, kerapi, dan lainnya. Selain itu, kalian juga bisa melihat beragam terumbu karang dan kerang-kerangan. Oiya, ada sebagian kerang langka di objek wisata ini, lo!

Festival Teluk Jailolo

Di atas permukaan laut pun akan terlihat sebuah pemandangan gunung yang tak kalah indah. Namanya Gunung Gamalama, di Pulau Ternate. Gunung ini memiliki ketinggian 1.700 meter dari permukaan laut. Puncak gunung tersebut selalu mengeluarkan asap putih, di mana pertanda bahwa masih aktif.

Selain itu, biasanya pada setiap Bulan Mei/Juni, pemerintah Kabupaten Halmahera Barat selalu mengadakan Festival Jailolo. Pada festival itu biasanya akan hadir 100 penyelam, baik dari dalam dan luar negeri. Pemerintah selalu menghadirkan kegiatan dan acara yang beragam dan unik.

Jadi, untuk Teman-teman yang penasaran dengan keindahan Teluk Jailolo, si mutiara di Maluku Utara, jangan lupa mampir ya! 

Teks: Desy, Foto: Kompas.com, wisataindonesia.co.id