Hewan-Hewan Malam Hari

By Marisa Febrilian, Jumat, 19 Mei 2017 | 02:43 WIB
Burung Hantu, salah satu hewan yang aktif di malam hari (Marisa Febrilian)

Aktivitas hewan ini tak bisa kamu temukan di pagi hari. Lalu kapan mereka beraksi ya? Yap! Betul, malam hari. Penasaran dengan aksi mereka? Lihat, yuk!

Burung hantu si kepala berputar

Kalau suka menonton film Harry Potter, berarti kamu tahu dengan burung yang satu ini. Yap! Burung hantu. Burung ini memiliki 222 spesies, lo. Mata yang besar dan kepala yang bisa berputar sampai 180 derajat, merupakan ciri khas dari burung hantu.

Kemampuan terbang pada malam hari, serta sayapnya yang sangat lebar, membuat burung ini semakin menakutkan ketika sedang bertengger di atas pohon. Pantas saja, dinamakan burung hantu. Hi.hi..hi.. Eits, meskipun seram, tetapi burung ini tetap menggemaskan juga, lo.

Kelelawar si mamalia bersayap

Nah, hewan malam selanjutnya adalah kelelawar. Kelelawar adalah salah satu jenis hewan mamalia yang bisa terbang. Hewan ini senang berada di dalam tempat yang gelap saat siang hari.

Ketika hari sudah gelap, hewan-hewan ini keluar dari tempat persembunyiannya, untuk mencari makan. Hewan ini menyukai, serangga (insect), seperti laba-laba, nyamuk, dan hewan kecil lainnya.

Galago si pelompat indah

Ini dia hewan malam yang ketiga, Galago. Hewan aktif ini berasal dari hutan Afrika. Galago merupakan hewan jenis primata, ia termasuk hewan yang aktif di malam hari.

Ukuran hewan ini mirip dengan tupai. Galago hanya mencari makan di malam hari saja, makanan yang dicarinya ada semut, burung kecil, dan buah-buahan. Sstt.. Galago adalah hewan yang mempunyai lompatan indah, lo. Wiiiii...Hebat!

Lemur si ekor belang

Kalau melihat hewan ini, seperti menggunakan topeng. Hi..hi..hi.. Lemur adalah hewan dari Madagaskar, Afrika. Mata hewan ini bisa memantulkan cahaya di saat malam hari. Wiii! Pantas saja, hewan ini selalu beraktivitas di waktu malam. Selain punya ekor panjang yang belang-belang, hewan ini punya teriakan yang sangat keras dan nyaring bunyinya, lo.

Lucu kan aksi mereka di malam hari? Hmmm.. kira-kira di malam pergantian tahun nanti, mereka ikut merayakan enggak ya?

Foto : creativecommons.org