WWW Pertama di Dunia

By Sylvana Toemon, Jumat, 19 Mei 2017 | 07:10 WIB
World wide web pertama di dunia (Sylvana Toemon)

Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi dengan world wide web. World wide web yang disingkat www ada di setiap website yang kita temui, termasuk di situs kesayangan kita ini. Tahukah kamu bentuk www yang pertama ada di dunia?

Awalnya hanya 1 halaman

Laman pertama world wide web ini ditayangkan pertama kali di  European Organization for Nuclear Research (CERN) sebagai bagian dari proyek yang dikerjakan oleh Tim Berners-Lee dan Robert Cailliau pada tanggal 20 Desember 1990. Bentuk website pertama ini sangat sederhana, hanya 1 halaman. Isinya adalah serangkaian teks yang menjelaskan tentang world wide web yang disertai tautan ke beberapa dokumen lain.

WWW berbeda dengan internet

World wide web selalu dihubungkan dengan internet. Kadang-kadang ada pula yang menyamakannya. World wide web dan internet sebenarnya adalah 2 hal yang berbeda, lo.

Internet adalah jejaring internasional yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia lewat jaringan kabel bawah laut, telepon, satelit, balon udara, dan lain-lain. Yang dimaksud komputer juga termasuk yang ada di telepon pintarmu.

World wide web yang disingkat www adalah sistem informasi yang berjalan di atas jaringan internet. Sistem informasi ini yang memungkinkan dokumen di berbagai komputer untuk saling terhubung melalui tautan.

Www baru ada selama 26 tahun di dunia ini. Sebelum itu, orang tua kita belum mengenal www.  Sekarang, jumlah website sudah ratusan juta dan terus bertambah setiap harinya.