Bung Tomo dan dr. Soetomo, Apakah Pahlawan yang Sama?

By Putri Puspita, Sabtu, 20 Mei 2017 | 00:18 WIB
dr Soetomo (kiri) dan Bung Tomo (kanan). Foto: Putri Puspita | Bobo.ID (Putri Puspita)

Bung Tomo dan dr. Soetomo adalah dua tokoh yang berperan penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Apakah keduanya orang yang sama? Tidak sama!

Nama yang mirip

Nama asli Bung Tomo adalah Sutomo, tetapi Bung Tomo dan dr. Soetomo adalah dua tokoh yang berbeda loh teman-teman. Terkadang masih banyak yang mengira bahwa dua tokoh ini adalah orang yang sama.

Berbeda periode perjuangan

Antara dr. Soetomo dan Bung Tomo hidup di dalam generasi yang berbeda. dr. Soetomo adalah pahlawan sebelum kemerdekaan. Beliau adalah ketua Budi Utomo ada masa awal pergerakan perjuangan kemerdekaan. Sedangkan Bung Tomo adalah tokoh pahlawan saat mempertahankan kemerdekaan, tepatnya saat pertempuran di Surabaya pada bulan November 1945.

Berbeda generasi

Kedua pahlawan ini sama-sama lahir di Jawa Timur. Namun, dr. Soetomo lahir di Ngepeh, Nganjuk, pada tanggal 30 Juli 1888 dan wafat pada tanggal 30 Mei 1938. Sedangkan Bung Tomo lahir di Surabaya pada tanggal 3 Oktober 1920 dan wafat di Padang arafah, Mekkah, pada tanggal 7 Oktober 1981 saat sedang menunaikan ibadah haji.

Kedua pahlawan ini memiliki peran yang sangat besar bagi Indonesia. Hingga tanggal-tanggal penting perjuangan mereka diperingati sebagai hari besar, yaitu 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional dan 10 November sebagai Hari Pahlawan.