7 Fakta Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

By Eka Kartika, Sabtu, 20 Mei 2017 | 12:33 WIB
Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional , Foto: Worpress (Eka Kartika)

Setiap tanggal 20 Mei, seluruh bangsa Indonesia memperingatinya sebagai hari Kebangkitan Nasional. Hari yang bersejarah, di mana pada momen itu merupakan kelahiran organisasi Boedi Oetomo yang bergerak dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan dan kebudayan. Berdiri pada tahun 1908, organisasi Boedi Oetomo dianggap sebagai cikal bakal gerakan yang memiliki tujuan mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Fakta apa saja yang bisa kita ketahui di momen perayaan Hari Kebangkitan Nasional ke 109 tahun ini?

  1.  Walaupun diperingati oleh seluruh Bangsa Indonesia, namun peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) tidak seperti pada saat kamu merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus. Sebab pada tanggal 17 Agustus, selain menggelar upacara bendera, terdapat pula berbagai  perlombaan dan kompetisi yang digelar dengan berbagai macam hadiah yang disediakan bagi pemenang. Sedangkan dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional, biasanya hanya ada upacara bendera dan pidato agar semangat kebangsaan semakin membara.
  1. Setiap Tanggal 20 Mei yang jatuh pada hari kerja, maka pemerintah memberikan instruksi untuk memakai baju batik. Semua berlaku bagi seluruh pegawai negeri sipil, maupun pegawai pemerintahan yang berstatus honorer. Bagi orang tua kamu yang merupakan pegawai swasta juga bisa berpartisipasi juga, lo.
  1. Tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini,”Pemerataan Pembangunan Indonesia Yang Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional. Sedangkan pesan yang diharapkan dapat terlaksana adalah, adanya keharmonisan dalam berbagai hal sesuai dengan Pancasila dan Undang undang Dasar 1945. Ingat teman – teman, Walaupun kita berbeda – beda, tapi persatuan harus tetap dijaga.
  1. Gencarnya dilakukan Seminar dan dialog interaktif dalam rangka menegakkan kerja nyata setiap anak bangsa dalam mewujudkan nilai – nilai Kebangkitan Nasional.
  1. Berziarah ke Taman Makam Pahlawan di daerah masing – masing. Ada juga yang melakukan ziarah  khusus ke pemakaman para Tokoh Budi Oetomo, lo teman – teman. Seperti ke makam Dr. Wahidin Sudiro Husodo dan makam DR. Sutomo di Yogyakarta dan Surabaya.
  1. Ada juga yang pada Hari Kebangkitan Nasional, gencar melakukan bakti sosial, teman – teman.
  2. Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMKOMINFO) mengirimkan pesan kepada seluruh pengguna Handphone pada Hari Kebangkitan Nasional ke 109 tahun.

Nah, seperti apa cara teman - teman memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang saat ini masuk di usia 109 tahun ini?