Apa Isi Buku Max Havelaar karya Multatuli?

By Putri Puspita, Senin, 22 Mei 2017 | 03:59 WIB
Max Havelaar karya Multatuli. Foto: http://blog2.nl (Putri Puspita)

Pada tahun 1859, Eduard Douwes Dekker, seorang keturunan Belanda yang begitu membela Indonesia, menulis buku yang berjudul Max Havelaar. Dalam buku ini Douwes Dekker menggunakan nama samaran "Multatuli".  

Lelang Kopi

Arti judul buku "Max Havelaar” adalah Lelang Kopi Perusahaan Dagang Belanda. Isi buku ini berupa kritik akan kesewenang-wenangan pemerintahan kolonial Belanda pada masa penjajahan.

Isi Buku

Buku merupakan kumpulan dari berbagai jalinan kisah cerita. Mulainya adalah kisah tentang Batavus Droogstoppel, seorang pedagang kopi dan contoh yang tepat tentang seorang orang kaya yang kikir. Cerita ini merupakan simbol bagaimana Belanda mengeruk keuntungan dari daerah jajahannya. Sejumlah kisah tentang masyarakat lokal dirangkaikan dalam buku ini, misalnya, kisah tentang Saidjah dan Adinda.

Selain cerita tersebut, juga ada komentar dan tulisan mengenai pengalaman Multituli yang bekerja untuk Hindia Belanda.

Pada bagian akhir buku ini, Multatuli menyampaikan permintaan secara sungguh-sungguh langsung kepada Raja William III untuk menghentikan tindakan sewenang-wenang di atas daerah jajahan Belanda.

Kritik dan penghargaan

Pada awalnya, buku ini menerima banyak kritik. Namun, tetap jaja buku dicetak ulang beberapa kali. Buku ini masih diterbitkan sampai sekarang dan telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 40 bahasa. Bahkan, penulis Indonesia Pramoedya Ananta Toer merujuk buku ini dalam the New York Times tahun 1999 sebagai "Buku yang Membunuh Kolonialisme".