Ular Berbisa Albany Muncul Lagi!

By Aisha Safira, Senin, 22 Mei 2017 | 07:16 WIB
Ular Albany adder ditemukan lagi di Afrika Selatan! Foto: sareptiles.co.za (Aisha Safira)

Ular berbisa Albany adder diperkirakan sudah punah oleh para ilmuwan. Tapi tahun lalu ada sekelompok herpetolog atau pakar ular yang menemukan ular ini lagi lo!

Ditemukan lagi

Apakah kamu pernah mendengar ular berbisa Albany adder? Mungkin tidak pernah karena ular ini diperkirakan sudah punah. Ular bernama Bitis cornuta albanica ini terakhir terlihat pada 1937. Saat itu para peneliti menemukan 12 ular Albany adder. Tujuh ekor dalam keadaan hidup dan lima dalam keadaan mati karena tertabrak mobil.

Tapi November 2016 ada sekelompok pakar ular yang menemukan kembali ular ini di Afrika Selatan. Mereka menemukan empat ular tersebut dalam keadaan sehat. Gran Smith adalah salah satu petugas Endangered Wildlife Trust yang ikut dalam ekpedisi ini. Ia mengatakan bahwa ia dan anggota lainnya sangat senang hingga berpelukan.

Melindungi habitatnya dan dari para kolektor

Mengapa Bitis cornuta albanica jumlah semakin sedikit? Jawabannya adala karena habitatnya yang terus menghilang. Habibat ular ini banyak yang digunakan sebagai tambang dan urbanisasi. Jika habitatnya benar-benar hilang maka ular ini akan punah. Oleh karena itu, para kelompok konservasi ular sedang berusaha membali habitat Albany adder yang masih tersisa.

Para pakar ular tersebut juga tidak memberitahukan secara pasti di mana mereka menemukan ular berbisa tersebut. Mereka melakukan hal ini juga untuk melindungi spesies Bitis cornuta albanica yang tinggal sedikit dan hampir punah. Mereka takut para kolektor akan memburu ular ini.

Melestarikan habitatnya adalah salah satu cara menjaga populasi hewan yang terancam punah. Kalau di dekat rumahmu ada habitat hewan, jagalah. Jika habitatnya hilang maka hewan tersebut tidak akan punya tempat tinggal. Lama kelamaan hewan tersebut dapat punah. Yuk, ikut membantu melestarikan fauna!