Surili, Primata yang Hampir Punah

By Marisa Febrilian, Senin, 22 Mei 2017 | 07:57 WIB
Surili, Primata asli Indonesia (Marisa Febrilian)

Surili ini primata asli Jawa Barat, yang nyaris punah. Wah, sayang sekali, ya. Siapa, sih, surili ini? Kenalan, yuk!

Primata Indonesia

Yup, konon surili ini primata asli Indonesia. Nama latinnya Presbytis comate. Dalam bahasa Inggris surili dikenal dengan nama  grizzled leaf monkey. Hewan ini hanya hidup di Jawa Barat, lo! Mereka suka tinggal di hutan belantara. Bisa hutan yang berada dekat pantai, atau hutan yang berada dekat gunung. Mereka suka tinggal di hutan, karena di sanalah mereka bisa dengan mudah mendapatkan makanannya. Seperti, dedaunan, buah-buahan, biji-bijian, dan kadang-kadang serangga.

Mahkota jambul hitam

Nah, ini ciri khas surili. Gaya, deh! Rambutnya berjambul hitam bagai mahkota. Pada umumnya warna punggung dan telinga surili dewasa itu hitam, cokelat atau abu-abu. Lucunya, warna rambut di dagu, dada, perut, kaki bagian dalam, dan ekor itu putih. Kulit wajahnya tampak kemerahan. Kalau bayi surili, yang baru lahir itu putih dengan garis hitam dari kepala sampai ekornya. Oiya, ekor surili lebih panjang dari badannya, lo. Berat surili dewasa 6 sampai 8 kg.

Terancam pPunah Sayang sekali saat ini primata surili ini terancam punah. Mereka kehilangan tempat tinggalnya. Tak sedikit juga surili yang diburu, untuk dijadikan hewan peliharaan. Hmm, padahal sebenarnya surili ini membantu kelestarian hutan, lo! Saat ia memakan buah-buahan, bijinya bisa tercecer di mana-mana. Tanpa sengaja, biji itu bisa tumbuh menjadi pohon-pohon baru.

Surili ini selalu hidup berkelompok. Setiap kelompok biasanya terdiri dari 10 ekor,  satu di antaranya surili jantan.

Teks: Yanti, Foto: Ricky Martin