Kisah Kimchi di Korea

By willa widiana, Senin, 22 Mei 2017 | 10:25 WIB
Kisah Kimchi di Korea (willa widiana)

Korea punya banyak makanan yang terkenal, salah satunya adalah kimchi.

Musim dingin

Korea termasuk negara yang mengalami empat musim. Saat musim semi, udara di Korea sangat nyaman. Saat musim panas, suhunya meningkat drastis. Lalu, saat musim dingin, suhunya turun dengan drastis  juga!

Musim dingin di Korea berlangsung dari bulan November hingga Februari. Musim dingin di negeri ginseng ini akan semakin dingin, karena ada kiriman angin dingin dari padang salju Siberia, di Rusia. Saat musim dingin tiba, tanaman tidak ada yang bisa tumbuh. Jadi, rakyat Korea harus punya cadangan makanan agar tidak kelaparan.

Menanam sawi

Masyarakat Korea suka mengawetkan makanan dengan garam. Sawi putih merupakan salah satu makanan yang cocok diawetkan dengan garam, karena rasanya tetap enak dan renyah setelah diawetkan. Karena alasan itulah, para petani di zaman dinasti Choson dianjurkan untuk menanam sawi putih, sebagai cadangan makanan di musim dingin.

Kimchi

Saat diawetkan dengan garam, masyarakat Korea biasanya menambahkan bumbu tambahan, seperti cabe, pasta ikan, dan masih banyak lagi. Setelah selesai diawetkan, sawi putih itu akan berubah menjadi kimchi. Nah, makanan bernama kimchi inilah yang menjadi santapan masyarakat Korea di musim dingin.

Kotak Fakta:

Kini, teknologi sudah maju! Masyarakat Korea bisa menyimpan makanan mereka di kulkas. Lalu, makanan bernama kimchi pun bisa disantap kapan saja, tanpa menunggu musim dingin tiba.

Tradisi membuat kimchi masih ada sampai sekarang. Bahkan, para wanita di Korea harus pandai membuat kimchi setelah menikah.

Teks: Rna, Foto: Creative Commons