Fakta Seputar Gajah

By willa widiana, Rabu, 24 Mei 2017 | 22:15 WIB
Gajah merupakan salah satu mamalia terbesar di bumi. (willa widiana)

Selain masuk ke dalam hewan yang dilindungi, gajah juga punya beberapa fakta lain, lo. Kita cari tahu bersama, yuk!

Mamalia terbesar

Gajah merupakan salah satu mamalia terbesar di dunia. Oiya, gajah itu ada dua jenis, yakni Gajah Asia dan Gajah Afrika. Nah, di Indonesia gajah ada dua jenis gajah, yakni gajah sumatera dan gajah kalimantan. Keduanya termasuk dalam gajah asia.

Beda jenis, beda ukuran tubuh

Ada yang tahu perbedaan gajah afrika dan asia? Tubuh gajah afrika lebih besar, daripada gajah asia. Selain itu, telinga gajah afrik juga lebih lebar. Meski kalah dalam ukuran, gajah asia terkenal lebih pintar. Jadi, tak heran kalau gajah asia banyak yang dijadikan hewan pertunjukan dalam sirkus. Kasihan, ya!

Dipimpin gajah betina

Sebuah kelompok gajah biasanya dipimpin oleh seekor gajah betina. Sedangkan gajah jantan yang ada di dalam kelompok merupakan gajah yang masih kecil. Tetapi, setelah dewasa, gajah jantan akan berpisah dari kelompok itu dan kembali saat musim kawin tiba.

Terusir

Oiya, jika seekor anak gajah diasuh oleh betina lain yang bukan induknya, maka ia akan terusir. Jadi, gajah tersebut tidak akan diterima lagi oleh kelompoknya. Selain itu, gajah juga akan diusir dari kelompoknya apabila sudah dipelihara oleh manusia. Kasihan, ya, nasib gajah ini. Tidak bisa dibayangkan saat mereka harus terusir dari kelompoknya sendiri.

Sumber: WWF, Foto: Meta