Kertas dari Kotoran Gajah

By willa widiana, Jumat, 26 Mei 2017 | 22:38 WIB
Proses pencetakan kertas dari kotoran gajah. (willa widiana)

Kertas menjadi salah satu kebutuhan bagi banyak orang. Kertas biasanya terbuat dari bambu atau pohon. Tetapi, saat ini sudah mulai banyak kertas daur ulang. Jadi, kertas-kertas bekas yang tidak terpakai diolah kembali menjadi sebuah kertas yang baru. Kertas daur ulang biasanya mempunyai warna yang lebih gelap dari kertas biasanya.

Kotoran gajah

Kamu tahu tidak kalau saat ini ada kertas dari kotoran gajah? Ya, itu merupakan kertas daur ulang, dan salah satu bahan campurannya adalah kotoran gajah. Hmm... kira-kira bagaimana prosesnya ya? Apa tidak bau menggunakan kotoran gajah sebagai bahan kertas?

Di Bali, kotoran gajah yang berasal dari Bali Safari & Marine Park diolah menjadi kertas. Caranya, kotoran gajah tersebut dicuci, direbus, dan kemudian dijemur hingga kering. Proses penjemuran ini bisa memakan waktu satu minggu.

Selanjutnya, ampas kotoran tersebut digiling terpisah dengan kertas bekas. Jika sudah selesai, maka kedua bahan itupun akan dicampurkan. Oiya, untuk mencampurkan dua bahan itu, diperlukan lem yang terbuat dari tepung kanji dan air secukupnya.

Nah, jika sudah tercampur, bahan tersebut pun bisa dicetak menjadi lembaran kertas berukuran 40x60. Biasanya, kertas dari kotoran gajah ini dijual sebaga souvenir.

Foto: Kompas.com