Sejarah Singkat Lego

By willa widiana, Selasa, 23 Mei 2017 | 09:43 WIB
Sejarah Singkat Lego (willa widiana)

Teman-teman pasti sudah tahu lego. Tetapi, kamu sudah tahu sejarahnya belum? Jika belum, kita cari tahu bersama, yuk, seperti apasih sejarah lego itu!

1916

Perusahaan LEGO berasal dari Denmark. Pendirinya adalah Ole Kirk Christiansen.

Pada tahun 1916, Pak Kirk membeli sebuah toko kerajinan kayu. Barang yang dijual juga berupa mebel. Tetapi, pada tahun 1924 toko tersebut mengalami kebakaran.

1934

Pada tahun 1934, perusahaan milik Pak Kirk mulai berdiri lagi. Perusahaan miliknya pada saat itu mulai membuat mainan dari kayu. Di tahun 1934 juga, Pak Kirk mengubah nama perusahaannya menjadi LEGO.

Kata lego berasal dari bahasa Denmark, led godt yang artinya bermain dengan baik. Tetapi, dalam bahasa latin, kata lego artinya “saya menyusun” atau “saya merangkai”. Arti kata itu sangat tepat dengan lego!

1947

Di tahun 1947, plastik mulai muncul di Denmart. Pak Kirk pun membeli satu set mesin cetak injeksi plastik. Dengan mesin itu, Pak Kirk mulai membuat mainan berbahan plastik, seperti truk yang bisa dibongkar-pasang.

1949

Pada tahun 1949, perusahaan lego mulai batu bata lego, seperti yang ada saat ini. Tetapi, penjualan lego di tahun pertamanya ini belum terlalu sukses. Masih banyak orang yang enggan beralih dari mainan kayu.

Meski banyak mainan yang dikembalikan, Pak Kirk tidak menyerah. Ia terus berusaha memasarkan mainan ciptaannya itu. Kini... blok-blok lego karya Pak Kirk bisa ditemui di seluruh dunia. Bahkan, hampir semua anak suka dengan lego.

Teks: Willa, Foto: Swantika Meta