Menara London, Kastil Megah Tempat Eksekusi

By Danastri Permata Putri, Rabu, 24 Mei 2017 | 03:02 WIB
Menara London, Foto: en.wikipedia.org (Danastri Permata Putri)

Menara London adalah sebuah kastil megah yang sangat bersejarah di London. Dibalik kemegahannya, ternyata ada fakta yang mengejutkan, lho!

Bangunan bersejarah penting

Menara London memiliki nama resmi Her Majesty’s Royal Palace dan Fortress the Tower of London. Namun lebih dikenal dengan sebutan Tower of London. Ini adalah kompleks istana bersejarah yang terletak di tepi utara Sungai Thames, London, Inggris.

Menara terpenting

Kastil ini berdiri pada tahun 1066 sebagai bagian dari Penaklukan Normandia di Inggris. Menara Putih merupakan bagian terpenting dari kastil ini. Menara ini dibangun pada tahun 1078 oleh William sang Penakluk.

Menara Putih adalah simbol dari kebencian dan penindasan dari para penguasa terhadap London. Kemudian, pembangunan bangunan lain menyusul. Richard si Hati Singa dan Henry III menambahkan bangunan berupa benteng, sehingga menciptakan kompleks benteng dan menara seperti saat ini.

Awalnya untuk kediaman kerajaan

Awalnya, kastil ini dimaksudkan sebagai sebuah istana megah yang akan digunakan sebagai kediaman resmi kerajaan. Tapi ternyata, kastil ini lebih dikenal karena fungsinya sebagai penjara dan tempat eksekusi bagi tahanan berpangkat tinggi, lho! Salah satunya adalah penjara bagi Elizabeth I.

Gerbang tersembunyi

Banyak tahanan dibawa ke kastil melalui Traitor’s Gate atau Gerbang Pengkhianat. Gerbang ini merupakan sebuah pintu masuk melalui Sungai Thames, sehingga tidak menarik perhatian publik. Banyak tahanan menghabiskan waktu yang lama di sini. Sejumlah tulisan dan gambar-gambar dari tahanan masih ada sampai sekarang, dan turut dipamerkan di Menara London.

Tempat eksekusi

Hukuman gantung biasanya dilakukan di Tower Hill, sebuah lokasi yang lebih tinggi di barat laut Menara London. Sejumlah hukuman mati dilakukan di dalam kompleks menara. Pada suatu masa, dinding di kompleks Menara London juga pernah digunakan untuk memamerkan kepala penjahat yang dieksekusi. Memang terdengar kejam, tapi ini merupakan praktek yang umum dilakukan di Abad Pertengahan.

Menara London saat ini

Hiii menyeramkan, ya? Tetapi saat ini, kompleks menara terbuka untuk umum. Di sini terdapat sejumlah benda historis yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Sekitar tahun 1300, Menara London telah resmi menjadi Crown Jewels. Uang dan emas batangan tersimpan di tempat ini, mungkin karena tempatnya dinilai sangat aman. Menara London juga sempat digunakan sebagai sejenis kebun binatang dan gudang senjata.