3 Buah Khas Ramadhan

By willa widiana, Kamis, 25 Mei 2017 | 02:15 WIB
Kurma, salah satu buah yang banya dijual saat ramadhan. (willa widiana)

Sebentar lagi bulan Ramadhan tiba. Biasanya, saat bulan Ramadhan, ada tiga jenis buah yang banyak dijual.

Kurma

Buah manis yang identik dengan negara Timur Tengah ini merupakan salah satu buah yang banyak dijual saat puasa. Oiya, buah kurma punya kandungan gizi yang tinggi. Kurma cocok untuk berbuka puasa, rasa manisnya bisa mengembalikan energi dengan cepat.

Para ahli memperkirakan buah kurma mengandung 70 persen zat gula yang tidak berbahaya. Buah ini mudah dicerna, mengandung karbohidrat, vitamin, dan mineral. Buah kurma bisa dikonsumsi saat sahur, lo.

Blewah

Blewah adalah tumbuhan khas Asia Tenggara. Sepintas, buah ini mirip buah melon. Blewah sering dipakai sebagai campuran dalam minuman. Saat Ramadan tiba, buah blewah pun banyak dijual.

Oiya, blewah mengandung mineral kalium dan provitamin A yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, blewah juga mengandung banyak air, jadi rasa haus pun bisa dihilangkan dengan cepat!

Timun Suri

Timun suri termasuk kelompok mentimun. Timun suri termasuk salah satu buah yang banyak dijual saat bulan ramadhan. Kebanyakan orang mengolah timun suri menjadi es campur atau es buah.

Oiya, kandungan air pada timun suri sangat banyak, sehingga bisa menggantikan cairan tubuh yang berkurang selama puasa.

Wah... pantas saja ketiga buah itu mendadak populer di bulan ramadhan. Selain enak, ketiga buah itu juga punya segudang manfaat.

Teks: Annisa, Foto: pixabay.com, Creative Commons, kompasiana