Kronotsky, Gunung Kerucut Bertudung Salju

By Marisa Febrilian, Rabu, 24 Mei 2017 | 08:06 WIB
Gunung bertudung salju (Marisa Febrilian)

Saat melihat foto gunung yang puncaknya tertutup salju, banyak yang mengira kalau itu adalah Gunung Fuji. Ssst…. Tapi, gunung ini tidak berada di Jepang, lo.

Gunung kerucut sempurna

Ini adalah Gunung Kronotsky yang berada di Rusia. Bentuknya kerucut sempurna seperti Gunung Fuji. Bentuk seperti ini dikenal dengan nama stratovolcano. Gunung ini memang kalah terkenal dari Gunung Fuji karena sangat jarang didatangi oleh wisawatan. Gunung ini terletak di Taman Nasional Kronotsky yang berada di Semenanjung Kamchatka di Rusia. Area gunung ini berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Danau Kronotsky.

Cagar alam tertua

Taman Nasional Kronotsky adalah salah satu cagar alam tertua di Rusia. Taman nasional ini memiliki permukaan yang tertutup es dan sumber air panas. Selain Gunung Kronotsky, ada beberapa gunung lain yang terletak di Kamchatka. Beberapa gunung itu adalah gunung berapi aktif yang kadang-kadang mengeluarkan lava panas. Itu membuat Kamchatka dikenal juga dengan Tanah Api dan Es. Di sekitar gunung ini juga terdapat banyak fauna langka. Beruang adalah fauna langka yang hidup bebas di tempat ini.

Dalam satu kunjungan ke taman nasional ini pengunjung dapat menikmati pemandangan laut sekaligus pegunungan yang sangat indah indah.

Teks : Ana, Foto: creative commons