5 Makanan dari Olahan Susu

By Marisa Febrilian, Sabtu, 27 Mei 2017 | 01:02 WIB
Eskrim salah satu makanan yang terbuat dari susu (Marisa Febrilian)

Selain diminum, susu bisa dibuat bermacam-macam olahan, lo! Seperti lima olahan makanan berikut ini yang terbuat dari bahan dasar susu. 

1. Mentega (Butter)

Makanan olahan dari susu yang pertama adalah mentega. Mentega sering dipakai sebagai olesan roti atau biskuit. Terkadang, mentega juga digunakan untuk membuat roti, kukis, atau untuk menumis masakan. Mentega itu terbuat dari krim susu. Krim susu adalah lapisan paling atas dari susu yang terbentuk jika didiamkan selama beberapa hari. Krim susu itu kemudian diproses dengan teknik Churning, yakni proses pengadukan terus-menerus sampai lemak padat dan lemak cair (air) terpisah. Lemak cair yang terpisah inilah yang disebut sebagai buttermilk atau mentega. 

2. Keju

Makanan olahan dari susu selanjutnya adalah keju. Asin-asin gurih, tapi lezat rasanya, setuju? Sst! Rupanya, keju merupakan makanan yang terbuat dari susu, lo. Awalnya, susu segar dipanaskan, lalu didinginkan untuk menghentikan pertumbuhan bakteri dan kuman yang ada di dalam susu. Setelah itu, susu diberikan bahan tambahan untuk membantu proses fermentasi. Kemudian, susu didiamkan beberapa waktu, sampai kental dan padat. Susu yang sudah menjadi padat, disebut keju mentah atau keju natural. Lain lagi dengan keju olahan. Keju olahan terbuat dari keju mentah dengan penambahan air, garam, dan beberapa mineral juga vitamin, seperti kalsium dan vitamin D. Keju olahan memiliki kualitas lebih stabil dan tahan lebih lama dengan cuaca panas dan lembab.

3. Es Krim

Coba tebak! Makanan olahan dari susu ini, banyak sekali digemari oleh semua orang, lo. Es kriiiim! Wiih, tepat sekali. Bahan utama membuat es krim adalah susu. Sayangnya, es krim sering dianggap sebagai makanan yang membuat gemuk. Padahal tidak begitu, lo. Es krim juga mengandung nutrisi, seperti kalsium, protein, dan sumber vitamin.

4. Yogurt

Kalau makanan yang satu ini, terkenal sebagai makanan yang mudah dicerna dan baik untuk kesehatan. Namanya adalah yogurt. Yogurt terbuat dari susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Nah, bakteri baik itu adalah Lactobachillus bulgaricus. Karena terbuat dari susu, kandungan nutrisi yogurt hampir mirip dengan susu, ada kalsium, protein, vitamin D, B6, B12, dan sebagainya. Namun, kandungan lemak yogurt lebih rendah dibandingkan lemak pada susu. Karena itu, yogurt sering digunakan sebagai makanan untuk diet.

5. Dodol susu

Kalau biasanya dodol terbuat dari gula aren, gula pasir, tepung ketan, dan bahan lainnya, sekarang dodol ada yang terbuat dari susu segar, lo. Seperti di daerah Pengalengan, Jawa Barat, ada dodol yang terbuat dari susu. Proses pembuatannya memang lama, tapi rasa dodol susu lebih gurih dan pastinya lezat. Siapa yang sudah pernah merasakan kelezatan dodol susu?

Kalau di daerah teman-teman, ada tidak makanan yang terbuat dari bahan dasar susu?

Foto : creativecommons.org