Jalan-Jalan ke Danau Poso

By willa widiana, Rabu, 24 Mei 2017 | 09:17 WIB
Jalan Jalan ke Danau Poso (willa widiana)

Danau Poso terletak di Kota Tentena, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia, setelah Danau Toba di Sumatera Utara dan Danau Singkarak di Sumatera Barat.

Danau Poso berada di ketinggian 657 meter di atas permukaan laut yang membentang dari utara ke selatan seluas 32.000 Ha dengan kedalaman mencapai 510 meter. Sementara, panjangnya 32 kilometer dan lebar 16 kilometer.

Ikan Sugili

Keunikan danau ini adalah memiliki pasir berwarna kuning keemasan dan gelombang air yang mirip seperti di laut. Selain itu, coba kamu perhatikan! Air danaunya berwarna hijau pada bagian pinggir dan berwarna biru di bagian tengahnya. Wow... unik ya!

Dengan dikelilingi perbukitan dan hutan, udara di kawasan ini sangat sejuk. Sekeliling danau ini juga ditumbuhi tanaman cengkeh. Jadi, kamu dapat mencium aroma cengkeh yang khas pada Bulan Juni hingga November.

Selain itu, walaupun hujan, air pada danau ini tak akan terlihat keruh. Nah, kamu juga akan menemukan Ikan Mujair, Nilam, Lele, Ikan Mas, dan sebagainya lo! Namun, yang paling unik adalah Ikan Sugili, tetapi keberadaannya kini mulai langka.

Danau Poso terletak di jalur utama dari Toraja bagian Selatan, Gorontalo dan Manado bagian Utara. Jaraknya kira-kira 283 kilometer arah selatan Kota Palu dan 56 kilometer dari Kota Poso. Jadi, untuk menuju ke lokasi ini, kamu dapat menggunakan kendaraan roda empat dari Kota Palu dengan waktu selama 8 jam dan 1,5 jam dari Kota Poso.  

Oiya, apabila lelah, kamu dapat menginap di sekitar Danau Poso yang memang menawarkan beragam penginapan dan hotel lo!

Teks: Desy; Foto: Kompas.com, Suarakendari.com