Tradisi Menyambut Ramadhan di Jawa Barat

By willa widiana, Kamis, 25 Mei 2017 | 00:08 WIB
Nasi liwet biasanya menjadi menu utama saat munggahan. (willa widiana)

Warga Sunda dan warga Betawi juga punya tradisi khusus untuk menyambut ramadhan.

Munggahan

Munggahan adalah tradisi untuk menyambut ramadhan yang dilakukan oleh orang-orang sunda. Sebelum bulan Ramadhan tiba, biasanya mereka akan melakukan munggahan.

Munggahan adalah acara berkumpul bersama keluarga dengan pergi ke suatu tempat. Di tempat itu, mereka akan makan bersama dengan sanak saudara lainnya. Bahkan, tak jarang mereka bergabung dengan keluarga lain yang sama-sama mengunjungi tempat tersebut.

Acara munggahan juga bisa dilakukan dengan teman sekolah atau pengajian. Cukup unik, ya, tradisi munggahan ini, kita bisa makan bersama teman dan keluarga.

Nyorog

Nah, sekarang kita tengok tradisi menyambut ramadhan yang dilakukan oleh orang betawi. Biasanya, mereka akan melakukan tradisi nyorog. Itu adalah kegiatan mengunjungi sanak saudara yang lebih tua, seperti orangtua, paman, atau kakek-nenek.

Biasanya, orang yang mengunjungi itu akan memberikan bingkisan yang berisi bahan makanan mentah atau makanan yang sudah jadi. Tradisi nyorog ini bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi sekaligus sebagai tandan untuk saling mengingatkan, bahwa ramadhan akan segera datang.

Foto: Creative Commons