Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Teman Sedih

By Putri Puspita, Jumat, 26 Mei 2017 | 07:35 WIB
Teman yang sedih. Foto: googleusercontent.com (Putri Puspita)

Pernah bertemu teman yang sedih? Biasanya ia akan diam dan menunjukkan wajah murung. Kita bisa apa ya ketika bertemu teman yang sedih?

Dekati dan bertanya

Walaupun ingin sendirian, mungkin saja teman yang sedang sedih butuh tempat bercerita. Jadi, dekatilah teman itu dan tanyaka apa yang terjadi sampai ia sedih. Walaupun pertanyaan ini mungkin membuatnya mengingat hal buruk, tetapi perilaku ini menunjukkan bahwa kamu peduli dan dia tidak sendirian.

Berikan minuman atau coklat

Jika temanmu sedang menangis, bawaka tissue dan berikan minuman untuk membuatnya lebih tenang. Kamu juga bisa memberikan coklat karena coklat bisa membuat mood menjadi lebih positif. Kamu tahu kenapa? Karena coklat bisa memicu hormon dopamin dan serotonin di otak yang membuat perasaan bahagia muncul.

Ada di sampingnya

Kamu juga bisa bertanya apakah ia ingin ditemani atau tidak. Biasanya, teman yang bersedih selalu merasa sendirian dan membutuhkan seseorang disampingnya. Mungkin saja dia sedang menghadapi hal-hal sulit dan memerlukan bantuan kamu.

Berikan semangat

Tidak perlu takut kalau tidak bisa membantu mengatasi masalahnya. Kamu bisa memberikan semangat dan mengatakan bahwa “Masalahnya sulit, tapi kamu bisa kok menghadapi ini”. Semangat ini sangat mungkin membuatnya menjadi lebih ceria. Kamu juga bisa memberikan saran untuk bertanya pada orang dewasa lainnya agar masalahnya selesai.