Sugar Beets, Penemuan Terakhir Tumbuhan Penghasil Hemoglobin

By Putri Puspita, Jumat, 26 Mei 2017 | 08:06 WIB
Sugat beet. Foto: http://www.macmillandictionary.com (Putri Puspita)

Pernah makan bit? Salah jenis bit yang memiliki manfaat langka adalah sugar beets. Bit yang satu ini ternyata bisa memproduksi hemoglobin, padahal sangat jarang ada bahan makanan yang punya manfaat seperti ini.

Hemoglobin

Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah. Hemoglobin ini sangat penting untuk tubuh kita karena berfungsi untuk membawa oksigen dan gas lainnya untuk metabolisme. Peneliti menyebut hemoglobin sebagai “very ancient protein” artinya protein yang sudah sangat kuno atau tua. Jarang sekali ada bahan makanan yang bisa memproduksi hemoglobin.

Sugar Beets

Dari bertahun-tahun penelitian yang ada, akhirnya membawa sugar beets sebagai tumbuhan yang bisa menghasilkan hemoglobin. Sebelumnya, salah satu jenis kedelai juga ditemukan bisa menghasilkan hemoglobin. Pada dasarnya, semua tumbuhan menghasilkan protein, tetapi untuk jenis protein hemoglobin ini sangat jarang ditemui. Hal inilah yang akhirnya membuat penemuan sugar beets ini menjadi sangat membahagiakan untuk dunia kesehatan.

Penelitian mengenai tumbuhan penghasil hemoglobin ini masih akan terus dilanjutkan karena sangat dibutuhkan untuk dunia kesehatan, terutama untuk pasien yang memiliki masalah terkait sel darah merah.

Nah, untuk teman-teman yang sudah tahu mengenai informasi ini, ayo kita konsumsi sugar beets!