Cucurak Khas Bogor, Sambut Bulan Ramadhan

By Eka Kartika, Jumat, 26 Mei 2017 | 07:50 WIB
Cucurak di Sekolah Bersama Guru, Foto: Eka Kartika (Eka Kartika)

Tak terasa bulan suci Ramadhan akan tiba. Beberapa kebiasaan atau tradisi unik menyambut bulan Ramadhan digelar di beberapa daerah, bahkan juga di Kota Bogor yang terkenal sebagai kota hujan. Ada kebiasaan unik, yaitu cucurak, lo.

Apa arti cucurak

Mendengar kata Cucurak, pasti teman – teman akan bingung. Sebenarnya apa sih arti dari kata cucurak itu?

Cucurak adalah suatu kebiasaan masyarakat di Kota Hujan, Jawa Barat. Dimana setiap menjelang ramadhan, atau seminggu sebelum puasa dimulai akan diadakan acara kumpul – kumpul. Baik itu berkumpul dengan keluarga besar, berkumpul bersama sahabat ataupun teman – teman sekolah. Apalagi jika bulan Ramadhan biasanya bersamaan dengan hari libur

Kegiatan cucurak 

Kegiatan cucurak sendiri cukup beragam, kalau di Bogor. Biasanya ada yang sengaja janjian bersama teman di mal dan melakukan makan bersama di rumah makan, atau ada juga yang secara khusus datang ke Kebun Raya Bogor untuk menggelar tikar dan menikmati makanan yang dibawa dari rumah secara bersama. Sungguh hal yang jarang terjadi di tengah dunia modern saat ini, kan teman – teman?

Di Sekolah pun ada cucurak

Kebiasaan cucurak itu sendiri tidak hanya berlaku bagi keluarga. Sebab buat teman – teman yang duduk di bangku sekolah dasar pun, kegiatan cucurak ini juga digelar secara istimewa di sekolah. Ada yang membawa bekal dari rumah, bahkan ada juga yang sudah disediakan oleh pihak sekolah. Kebersamaan begitu terlihat ketika acara makan bersama (cuccurak itu digelar). Bahkan terkadang ada juga yang bertukar bekal, lo. Waah, indahnya kebersamaan..