5 Negara Paling Damai di Dunia

By Putri Puspita, Jumat, 26 Mei 2017 | 09:02 WIB
Negara Islandia. Foto: http://www.ecoavant.com (Putri Puspita)

Pasti nyaman rasanya ketika tinggal atau berkeliling di negara yang damai. Sebuah survei dilakukan berdasarkan Indeks Perdamaian Global (GPI) yang disusun Institut Ekonomi dan Perdamaian, akhirnya ditemukanlah 5 negara ini sebagai negara-negara paling damai di dunia.

1. Islandia

Menurut daftar GPI 2016, Islandia menjadi negara paling damai dan nyaman untuk ditinggali. Di negara ini, tingkat kejahatan yang sangat rendah. Dari segi pendidikan, 99 persen warganya bebas dari buta huruf karena di negara ini sekolah gratis. Uniknya, negara ini bebas dari nyamuk karena serangga itu tak bisa hidup di kondisi alam Islandia.

2. Denmark

Denmark termasuk negara dengan tingkat korupsi yang sangat kecil. Negeri ini juga memberikan layanan kesehatan dan pendidikan gratis untuk rakyatnya. Kondisi ini membuat rakyat Denmark tak keberatan dengan level pajak yang tinggi. Warga Denmark cenderung memilih bersepeda atau berjalan kaki ke sekolah atau tempat kerja. Kebiasaan ini bertujuan untuk mencapai kota dengan level karbon terendah pada 2025.

3. Austria

Austria memiliki angka kejahatan yang sangat rendah. Austria juga dikenal karena kebersihannya, bahkan ada  undang-undang daur ulang yang ketat untuk melindungi lingkungan. Selain damai, Austria adalah salah satu negara terkaya di dunia, sehingga memiliki standar hidup yang tinggi dan sistem transportasi yang sangat hebat. Negara ini juga memiliki banyak tempat wisata menarik karena keindahan alam dan bangunan-bangunan bersejarahnya.

4. Selandia Baru

Selandia Baru dikenal memiliki layanan sosial yang luar biasa, jumlah narapidana yang sedikit serta hubungan baik dengan negara di sekitarnya. Hal ini didukung oleh sistem hukum yang independen dan kuat serta kepolisian yang berdedikasi tinggi. Negeri Kiwi ini juga memberikan layanan pendidikan dan kesehatan yang sangat baik untuk rakyatnya.

5. Swiss

Swiss menjadi negeri yang layak ditinggali karena kota-kota yang bersih, rendahnya angka kejahatan dan makanan yang berkualitas baik. Layanan pendidikan dna kesehatannya pun begitu berkualitas. Swiss juga dikenal sebagai salah satu negeri surga pajak di dunia.dari segi lingkungan, Swiss juga dikenal sebagai salah satu negeri paling hijau di dunia karena sangat mengutamakan energi terbarukan dan produk ramah lingkungan.

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia sudah memiliki kekayaan alam dan budaya yang begitu melimpah, tinggal sekarang masyarakatnya bersatu padu untuk menjaga keamanan dan ketertiban agar negeri kita ini menjadi damai.