Fakta Menarik Ikan Pari

By Yomi Hanna, Sabtu, 27 Mei 2017 | 09:00 WIB
Foto: sewarga.com (Hanna Vivaldi)

Ikan ini dijuluki sebagai makhluk terbang yang ada di laut. Ikan apakah dia?

Bermacam-macam ikan pari

Namanya adalah ikan pari. Ikan dengan bentuk tubuh yang menyerupai sayap dan membuatnya terlihat seperti melayang saat berenang.

Ikan pari terdiri dari macam-macam jenis dengan ukuran tubuh yang berbeda. Setiap jenisnya juga memiliki kebiasaan yang berbeda dalam menjaga anak-anaknya.

Ada jenis ikan pari yang setelah bertelur di dasar perairan, dia akan langsung mengeraminya sampai telur-telur tersebut menetas. Ada juga yang telurnya disimpan di dalam induk ikan pari betina lalu dikeluarkan setelah tersebut sudah menetas.

Fakta seputar ikan pari

Selain hal di atas, ada beberapa fakta lainnya seputar ikan pari. Yuk, kita simak informasi di bawah ini!

1. Ikan pari ini sifatnya lebih tenang dan tidak terlalu banyak menyerang seperti ikan hiu. Dia biasanya memakan ikan yang ukuran tubuhnya lebih kecil dan melakukannya sewaktu berang seperti biasa. Ikan pari tidak memburunya mangsanya seperti yang dilakukan ikan-ikan lainnya.

2. Ikan ini senang hidup dan menyimpan telur-telurnya di perairan pantai yang dangkal dan dekat dengan terumbu karang.

3. Insang ikan pari terdapat di sisi tubuhnya dengan bentuk yang mirip dengan fentilasi udara. Dengan organ pernapasan tersebutlah udara akan keluar masuk dari tubuhnya.

4. Pernahkah teman-teman melihat ikan pari berenang? Tubuhnya terlihat bergelombang dan elastis, bukan? Ternyata ini disebabkan karena tulang di tubuh ikan pari sangat lunak, bahkan ada beberapa jenis yang tidak memiliki tulang di tubuhnya.

5. Ikan pari memiliki ekor yang panjang dengan duri yang sangat tajam.  Tidak hanya tajam, ekor ikan pari juga memiliki racun yang sangat berbahaya dan mematikan. Ini digunakannya sebagai perlindungan dari serangan pemangsa yang ingin mengganggunya.